Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Sebut Luas Lumbung Pangan di Sumba Tengah Ditambah, hingga 10 Ribu Hektare

Selasa, 23 Februari 2021 – 12:20 WIB
Jokowi Sebut Luas Lumbung Pangan di Sumba Tengah Ditambah, hingga 10 Ribu Hektare - JPNN.COM
Presiden Jokowi sebut lumbung pangan di SUmba Tengah akan ditambah jadi 10 ribu hektare. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo mengatakan luas lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), bakal ditambah hingga 10 ribu hektare.

"Kenapa dikerjakan di NTT, khususnya di Kabupaten Sumba Tengah, karena memang harus ngomong apa adanya Pak Bupati, Pak Gubernur, data yang saya miliki 34 persen kemiskinan ada di sini," kata Presiden Jokowi saat meninjau lumbung pangan di Sumba Tengah, yang disiarkan langsung oleh Sekretariat Presiden, Selasa (23/2).

Dia menyebukan, adapun pertambahan luas terdiri atas 5.600 hektare untuk padi dan 4.400 hektare jagung.

"Lumbung pangan itu akan meningkat dibandingkan luas saat ini yang sebesar 5.000 hektare, dengan 3.000 hektare padi dan 2.000 hektare jagung," ujar dia.

Jokowi menargetkan panen di Sumba Tengah dapat meningkat menjadi dua kali untuk padi dan satu kali panen untuk jagung dan kedelai. Saat ini, menurutnya, musim panen padi di Sumba Tengah hanya terjadi setahun sekali.

"Problemnya adalah memang masih, di seluruh NTT sama , yaitu masalah air. Memang kuncinya ada di air," jelas Jokowi.

Untuk mengatasi kendala kekurangan air, ujar dia, pemerintah sudah membangun sumur bor tanah sejak 2018 dan juga embung besar. Namun pasokan air yang dihasilkan masih kurang.

Pemerintah Provinsi NTT juga telah meminta pemerintah pusat untuk membuat bendungan. Begitu juga dengan Pemkab Sumba Tengah yang meminta pembuatan embung baru.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan luas lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), bakal ditambah hingga 10 ribu hektare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close