Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jubir AMIN Minta Luhut Terima Data BRIN soal TKA China sebagai Bahan Evaluasi

Minggu, 24 Desember 2023 – 16:03 WIB
Jubir AMIN Minta Luhut Terima Data BRIN soal TKA China sebagai Bahan Evaluasi - JPNN.COM
Juru bicara Anies Baswedan di Pilpres 2024 Surya Tjandra. Foto: Antarafoto/Akbar Nugroho Gumay

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Surya Tjandra angkat suara mengenai polemik terkait membludaknya tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang tidak sebanding dengan nilai investasi pemerintahan Republik Rakyat Tiongkok.

Hal itu disampaikan peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Triyono yang mengkritik Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Jumlah dan gaji para TKA asal Tiongkok, dinilai Triyono terlalu besar jika dibanding dengan tenaga kerja lokal di sejumlah proyek yang didanai investor asal negeri tirai bambu itu. Luhut pun bereaksi keras, bahkan sampai menyuruh peneliti BRIN menghadapnya untuk beradu data.

Surya Tjandra menyayangkan respons Luhut yang cenderung defensif tersebut. Mantan wakil menteri ATR/ BPN itu menyebut tanggapan Luhut itu tidak sepatutnya dilontarkan di ruang publik.

"Respons Pak Luhut yang seperti itu rasanya tidak elok dan cenderung menunjukkan sikap yang arogan sebagai pembantu presiden. Penelitian ilmiah dari BRIN harusnya menjadi pintu masuk perbaikan dan mitigasi risiko pembangunan, bukan malah dibuat sebagai ancaman oleh Pemerintah," kata Surya dalam keterangannya, Minggu (24/12).

Surya menyampaikan tugas BRIN adalah membantu presiden dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian, dan lainnya yang terkait.

Menurutnya, pemerintah seharusnya berterima kasih untuk masukan seperti itu dan menjadikannya sebagai bahan untuk mengevaluasi diri.

"Bukan malah terkesan mengancam karena ketidaksukaan pada masukan hasil riset objektif mereka. Saya jadi bingung sebetulnya presiden siapa, sih, Pak Jokowi atau Pak Luhut?" ujarnya.

Surya menyampaikan tugas BRIN adalah membantu presiden dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang penelitian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close