Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jumlah Wamen Bertambah, Hasto Yakini Kinerja Kabinet Makin Moncer

Senin, 28 Oktober 2019 – 06:30 WIB
Jumlah Wamen Bertambah, Hasto Yakini Kinerja Kabinet Makin Moncer - JPNN.COM
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa (8/10) malam. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meyakini keberadaan wakil menteri (Wamen) akan mendongkrak kinerja kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, langkah Presiden Jokowi menunjuk 12 orang menjadi Wamen merupakan upaya memperbaiki kinerja Kabinet Indonesia Maju.

“Tugas Wamen adalah membantu menteri menjalankan kebijakan yang merupakan penjabaran dari kebijakan presiden. Karena itulah kami menanggapi baik, karena dengn adanya Wamen, efektivitas kerja kabinet dipastikan lebih baik,” ujar Hasto melalui layanan pesan.

Seperti diketahui, dalam Kabinet Kerja pada masa pemerintahan Presiden Jokowi periode 2014-2019 hanya ada tiga wakil menteri. Namun, dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 ada 12 wakil menteri.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, tugas-tugas untuk para Wamen menandakan Presiden Jokowi memahami seluruh aspek pemerintahan. Sebagai contoh adalah posisi Wamen BUMN.

“Posisi Wamen untuk menjadikan BUMN benar-benar sebagai alat negara dalam meningkatkan perekonomian nasional menjadi agen penggerak pembangunan nasional. Fokusnya kepada ruang ekonomi yang menguasai hajat hidup orang banyak dan bersifat strategis bagi bangsa dan negara,” ujar Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, upaya Presiden Jokowi mendongkrak kinerja kabinet tidak hanya melalui penunjukan Wamen. Sebab, Presiden Ketujuh RI itu pada periode kedua pemerintahannya juga meningkatkan peran menteri koordinator (Menko).

“Pak Jokowi ingin seluruh jajaran kabinet bergerak cepat, berkoordinasi dengan baik. Pak Jokowi meningkatkan peran menteri koordinator,” tegasnya.(ara/jpnn)

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menganggap langkah Presiden Jokowi menunjuk 12 wakil menteri (Wamen) merupakan upaya memperbaiki kinerja kabinet.

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close