Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jumlah WNI Kena Covid-19 di Lima Negara Meningkat, Bamsoet Ingatkan Kemenlu

Kamis, 12 November 2020 – 08:26 WIB
Jumlah WNI Kena Covid-19 di Lima Negara Meningkat, Bamsoet Ingatkan Kemenlu - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) melalui Kedutaan Besar maupun Konsulat Jenderal RI untuk meningkatkan koordinasi dengan otoritas pemerintah di negara-negara dengan infeksi Corona-nya tinggi.

Kemenlu RI melaporkan adanya penambahan sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang terpapar Covid-19 di lima negara.

Dengan demikian hingga 10 November 2020, total keseluruhan WNI terinfeksi Coronavirus di luar negeri tercatat sebanyak 1.804 orang.

Menurut Bamsoet -panggilan Bambang Soesatyo, koordinasi dengan otoritas setempat penting untuk memastikan seluruh WNI yang terpapar Covid-19 di lima negara tersebut mendapatkan pelayanan kesehatan dan obat-obatan.

"Serta mendapatkan data riil jumlah WNI yang terpapar, sekaligus memastikan bahwa mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik sesuai standar WHO," kata Bamsoet di Jakarta, Rabu (11/11).

Mantan ketua DPR itu juga mendorong pemerintah terus meng-update informasi mendetail terkait WNI yang terinfeksi Covid-19 di luar negeri.

Kemenlu RI melalui jajarannya juga diminta mendata setiap WNI terdampak pandemi Covid-19 di negara setempat yang memerlukan bantuan.

"Supaya pemerintah Indonesia dapat segera menyiapkan keperluan atau kebutuhan logistik WNI dan memenuhi kebutuhan bantuan tersebut secara tepat," ucap wakil ketua umum Kadin Indonesia ini.

Pemerintah harus memastikan WNI yang terpapar Covid-19 di luar negeri mendapatkan pelayanan sesuai standar WHO.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close