Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar Baik dari Kementan Terkait Pengembangan Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau

Sabtu, 18 Maret 2023 – 18:54 WIB
Kabar Baik dari Kementan Terkait Pengembangan Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau - JPNN.COM
Komoditas padi yang dikembangkan di lahan Food Estate di Kalteng telah berproduksi dengan hasil yang baik. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, KAPUAS - Kementerian Pertanian (Kementan) menyampaikan kabar baik terkait pengembangan program Food Estate di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau.

Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Baginda Siagian menyampaikan pengembangan Food Estate di dua kabupaten tersebut telah berproduksi dan masih berproses untuk terus dikembangkan dan dioptimalkan ke depan.

Selain itu, masyarakat juga perlu memahami tidak semua program Food Estate berada dalam tanggung jawab Kementan.

Di Kalteng, program Food Estate yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau menjadi tanggung jawab Kementan bersama Kementerian PUPR dan kementerian lainnya yang terkait.

"Lahan tanggung jawab Kementan hanya di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau dengan komoditas utama padi. Di samping komoditas pendukung lainnya, seperti hortikultura, perkebunan dan peternakan itik," kata Baginda.

Sementara itu, komoditas utama padi telah berproduksi dengan hasil yang positif sehingga diharapkan bisa memperkuat ketahanan pangan nasional.

Baginda menjelaskan program pengembangan Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau Kalteng dilaksanakan dengan berbasis padi melalui dua kegiatan, yaitu intensifikasi lahan dan ekstensifikasi lahan.

“Intensifikasi lahan dilaksanakan untuk peningkatan produktivitas melalui atau menggunakan lahan eksisting," terang Baginda.

Begini kabar baik dari Kementan terkait pengembangan Food Estate di Kalteng, khususnya Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close