Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar Baik untuk Romi Syofpa Ismael, Dokter Difabel yang Dicoret dari CPNS

Senin, 05 Agustus 2019 – 23:36 WIB
Kabar Baik untuk Romi Syofpa Ismael, Dokter Difabel yang Dicoret dari CPNS - JPNN.COM
Dokter gigi Romi Syofpa Ismael saat mengadu ke Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto : Ist

jpnn.com, JAKARTA - Kabar gembira untuk drg Romi Syofpa Ismael. Pemerintah memutuskan mengembalikan hak perempuan asal Sumbar itu sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), di Kabupaten Solok Selatan (Solsel).

Kesepakatan itu disampaikan dalam rapat koordinasi di Kantor Staf Presiden (KSP), Senin (5/8) siang. Kasus drg Romi ini sempat menjadi perhatian publik setelah pemda setempat menganulir kelulusannya sebagai CPNS pada 2018.

Padahal sebelumnya, Ami -sapaan dr Romi dinyatakan lulus dengan nilai terbaik. Namun, kelulusannya dibatalkan setelah Pemda Solsel mengetahui Ami merupakan penyandang disabilitas.

BACA JUGA: Listrik Padam, Arief Poyuono: Ini Mencoreng Nama Baik Jokowi

“Kami semua bekerja dan merespons masalah ini dengan cepat dan sepakat dokter Romi bisa menjadi CPNS,” kata Deputi V Kantor Staf Presiden, Jaleswari Pramodhawardani yang memimpin rapat.

Hadir dalam rapat tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Bupati Solsel Muzni Zakaria. Perwakilan dari lintas kementerian dan lembaga. Di antaranya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Kementrian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian PPPA, dan lainnya.

Menurut Jaleswari, kasus ini muncul karena pemda setempat salah menafsirkan sehat jasmani dan rohani sebagai salah satu syarat menjadi CPNS. Jaleswari meminta kasus drg. Romi ini menjadi pembelajaran bagi pemda lain.

Para penyandang disabilitas, kata Jaleswari, punya hak dan kesempatan yang sama seperti PNS lain. “Pemda, BUMD, BUMN wajib mempekerjakan penyandang disabilitas paling sedikit dua persen,” tegasnya mengingatkan.

Kabar gembira untuk drg Romi Syofpa Ismael. Pemerintah memutuskan mengembalikan hak perempuan asal Sumbar itu sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), di Kabupaten Solok Selatan (Solsel).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close