Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar Gembira untuk Guru Honorer Lulus PPPK 2021 Tetapi Tak Ada Formasi, Alhamdulillah 

Kamis, 23 September 2021 – 19:09 WIB
Kabar Gembira untuk Guru Honorer Lulus PPPK 2021 Tetapi Tak Ada Formasi, Alhamdulillah  - JPNN.COM
Mendikbudristek Nadiem Makarim menjelaskan soal seleksi PPPK 2021 yang perlu diketahui para guru honorer. Ilustrasi Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim menyampaikan kabar gembira bagi guru honorer peserta tes PPPK 2021.

Bagi guru honorer yang lulus tetapi tidak punya formasi di daerahnya tetap akan diangkat sebagai PPPK tahun depan.

"Guru-guru yang tidak punya formasi PPPK 2021 di daerahnya jangan khawatir. Kalau tahun ini belum diangkat, kelulusannya tidak dianulir," kata Nadiem Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Kamis (23/9).

Mas Nadiem menjelaskan agar guru honorer yang lulus PPPK 2021 ini bisa diangkat tahun depan, Kemendikbudristek akan berkoordinasi dengan Pemda agar membuka formasi tahun depan. Apalagi tahun depan rekrutmen guru ASN tetap fokus PPPK.

Meski begitu Nadiem memberikan kesempatan bagi guru honorer yang lulus PPPK 2021 untuk uji kemampuan dalam tes tahap II dan III. Jika formasi jabatan yang dilamar tetap sama, maka akan dilihat passing grade mana paling tinggi.

"Biarkan guru honorer merdeka untuk memilih. Puas dengan hasil tahap I atau mau lanjut tes lagi di tahap berikutnya," ucapnya.

Dia menegaskan dalam rekrutmen PPPK guru 2021 pemerintah sudah mengalokasikan 506.247 formasi, terisi pelamar 328.476. Namun sekitar 29 persen dari 328.476 formasi yang ada pelamarnya sudah terisi.

"Berarti untuk hari ini sekitar 94 ribu guru honorer sudah lulus. Angka ini akan berkembang plus minus 100 ribu orang dari seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK," pungkasnya. (esy/jpnn)

Ini kabar gembira untuk guru honorer yang lulus PPPK 2021 tetapi tidak ada formasi, silakan cermati penjelasan Mas Nadiem Makarim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close