Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar Terbaru Bidding Olimpiade 2032: Ada Sinyal Positif dari Komisi Future Host IOC untuk Indonesia

Kamis, 04 Februari 2021 – 23:08 WIB
Kabar Terbaru Bidding Olimpiade 2032: Ada Sinyal Positif dari Komisi Future Host IOC untuk Indonesia - JPNN.COM
Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari melakukan pemaparan di depan Komisi Future Host IOC. Foto: dok. KOI

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia mengambil satu langkah maju dalam usaha pencalonan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 dengan melakukan pemaparan di hadapan Komisi Future Host IOC pada Rabu (3/2/2021).

KOI dalam paparan yang masuk edisi kedua ini dipastikan mendapat dukungan dari pemangku kepentingan lain, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Komisi Future Host IOC dipimpin langsung oleh ketuanya, Kristin Kloster Aasen. Dia didampingi oleh delapan anggota IOC lain. KOI sendiri mengajukan Jakarta sebagai kandidat tuan rumah.

Alasan mengapa harus Jakarta, ialah karena ibu kota dan kawasan penunjang di sekitarnya telah terbukti sebagai bagian penting kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018.

"Indonesia 2032 akan menjadi katalisator bagi seluruh generasi, baik dari Indonesia, Asia, maupun dunia, kami dapat menunjukkan bagaimana sebuah kota seperti Jakarta dapat kembali bangkit dengan memanfaatkan teknologi, usaha yang berkelanjutan, serta mempertimbangkan generasi berikutnya melalui tindakan yang kami lakukan hari ini," ujar Ketua KOI Raja Sapta Oktohari, dalam rilisnya, Kamis (4/2) malam.

Menurutnya, ada tiga pilar utama yang menjadikan Jakarta layak jadi tuan rumah. Yakni lingkungan, kemudian warisan, dan teknologi, sebagai fokus rencana penyelenggaraan.

Indonesia, lanjut Okto, menjanjikan Olimpiade 2032 di Indonesia akan menjadi gelaran dengan emisi nol karena akan memanfaatkan kemajuan teknologi, seperti pemakaian kendaraan listrik untuk sistem transportasi, baik publik maupun pribadi, di Jakarta.

Dengan langkah dan pengembangan tersebut, terang Okto, tentu nantinya bisa menjadi warisan yang ditinggalkan oleh penyelenggaraan Olimpiade 2032.

KOI telah menyelesaikan pemaparan awal tentang konsep Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 kepada Komisi Future Host IOC.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close