Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabareskrim: Netralitas Polri Harga Mati di Pilkada 2020

Selasa, 15 September 2020 – 17:36 WIB
Kabareskrim: Netralitas Polri Harga Mati di Pilkada 2020 - JPNN.COM
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajarannya untuk bertugas secara profesional dalam melakukan proses penegakan hukum saat Pilkada Serentak 2020 berlangsung.

Listyo menegaskan, hal itu dilakukan untuk membuktikan bahwa Polri tetap netral dalam proses demokrasi di Indonesia.

Sehingga, menghilangkan persepsi bahwa Polri menjadi "alat politik" bagi segelintir kelompok yang memiliki kepentingan.

"Netralitas Polri adalah harga mati. Para penyidik pahami betul langkah penegakan hukum akan menjadi sorotan publik. Laksanakan secara cermat dan profesional," kata Listyo dalam keterangannya, Selasa (15/9).

Mantan Kapolda Banten itu juga menyoroti soal pelaksanaan protokol kesehatan terkait penanganan COVID-19 saat berlangsungnya Pilkada serentak.

Pasalnya, penyidik juga harus bijaksana dalam melakukan proses hukum kepada masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan itu.

"Untuk pelanggar Protokol Kesehatan agar penyidik cermat dan teliti menentukan jenis pelanggaran administrasi, pidana pemilihan, pidana umum," tambah Listyo.

Dalam penyelenggaraan pesta demokrasi itu, apabila dalam pelaksanaannya tidak melaksanakan protokol kesehatan, Polri dapat melakukan tindakan penegakan hukum dengan sanksi yang tegas.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo meminta kepada seluruh jajaran penyidik untuk menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pilkada 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close