Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabupaten Soppeng Gelar Demonstrasi Alsintan

Senin, 22 November 2021 – 21:43 WIB
Kabupaten Soppeng Gelar Demonstrasi Alsintan - JPNN.COM
Salah satu program dari IPDMIP di Kabupaten Soppeng, Sulsel, dengan melaksanakan demonstrasi alsintan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SOPPENG - Alat mesin pertanian (alsintan) memegang peran penting dalam mendongkrak produktivitas petani.

Penggunaan alsintan memudahkan para petani dari sisi efisiensi dan efektivitas bertani.

Salah satu program dari Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP) ialah dengan melaksanakan demonstrasi alsintan. Seperti halnya terlihat di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

District Project Implementation Unit IPDMIP Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Kabupaten Soppeng menggelar demonstrasi event 'John Deeree TR4-3036E'.

"Kegiatan diikuti 200 petani. Setahun dua-tiga kali diadakan," ujar Deputi Manager DPIU IPDMIP Sulhukmi melalui keterangan tertulisnya, Senin (22/11).

Dia mengatakan tujuan dari giat ini sebagai komitmen mereka dalam meningkatkan pemahaman petani terhadap penggunaan teknologi di sektor pertanian.

Dia berharap melalui kegiatan ini terjadi proses alih teknologi dalam hal mekanisasi pertanian sehinggga petani dapat lebih termotivasi untuk menerapkan dan memiliki alat mesin pertanian sendiri.

Di sisi lain, melalui kegiatan ini pihak swasta penyedia alat dan mesin didorong untuk mengembangkan skema kemitraan pengadaan alat dan mesin pertanian ramah bagi petani sehingga terbangun kerja sama.

Salah satu program dari IPDMIP di Kabupaten Soppeng, Sulsel, dengan melaksanakan demonstrasi alsintan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close