Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan Amran Serahkan Alsintan Senilai Rp 200 M Untuk Petani di Jatim

Kamis, 18 April 2024 – 16:00 WIB
Mentan Amran Serahkan Alsintan Senilai Rp 200 M Untuk Petani di Jatim - JPNN.COM
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman (kedua kiri) di dampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay (ketiga kiri) dan Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Akhmad Yusef Gunawan (keempat kiri) meninjau peralatan pertanian saat Apel Siaga Alat dan Mesin Pertanian di Lapangan Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (18/4/2024). (ANTARA/Didik Suhartono)

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dengan total mencapai Rp 200 miliar kepada petani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di 21 kota atau kabupaten Jawa Timur guna meningkatkan ketahanan pangan nasional.

"Kalau ini berhasil dalam waktu dua pekan terpasang kami akan tambah lagi nilainya. Kalau terpasang dalam waktu satu sampai dua bulan kami jadikan Rp600 miliar," kata saat kegiatan Apel Siaga penyerahan alsintan di Lapangan Makodam V/Brawijaya Surabaya, Kamis (18/4).

Selain itu, untuk teknis pengambilan bantuan akan lebih praktis karena hanya menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Pengambilan bantuan cukup dengan KTP, tidak berbelit-belit harus pakai kartu tani segala, malah lama nantinya karena ini harus segera digunakan untuk meningkatkan ketahanan pangan," katanya.

Tak hanya itu, dengan adanya bantuan pompa, kata Mentan, maka bisa mempercepat penanaman untuk mengatasi dampak El Nino yang melanda seluruh dunia.

"Dengan adanya bantuan pompa ini adalah solusi cepat untuk menangani El Nino, karena pompa ini kalau dipasang hari itu juga bisa langsung bercocok tanam," kata Mentan Amran.

Oleh karena itu, dirinya berterima kasih kepada forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Jawa Timur yang nantinya turut memantau perkembangan bantuan alsintan tersebut.

"Manakala nanti pompa ini tidak dimanfaatkan dengan baik dan tidak ada peningkatan luas lahan tanam maka kami akan tarik dan pindahkan ke pertanian yang lebih membutuhkan," ujarnya.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan alsintan senilai Rp 200 miliar kepada petani di Jatim.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close