Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kada Sering di Jakarta Bukti Pusat Sentralistik

Minggu, 02 November 2008 – 15:49 WIB
Kada Sering di Jakarta Bukti Pusat Sentralistik - JPNN.COM
JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso menilai kebiasaan para kepala daerah yang lebih sering berada di Jakarta sebenarnya menjadi bukti bahwa pemerintah saat ini masih sentralistik. Sutiyoso beralasan, amanah konstitusi bahwa penyelenggaraan pemerintahan di daerah dilakukan melalui desentralisasi ternyata tidak dilaksanakan sepenuhnya.

 

Menurut capres yang populer dengan nama Bang Yos itu, keberadaan 30 UU sektoral membuat para kepala daerah tidak dapat berbuat banyak dalam melakukan pembangunan di daerahnya masing-masing. "UUD itu megamanatkan disentralisasi. Tetapi kenyatannya, saya alami lima kali pemerintahan yang berbeda, tetapi ada satu yang kembar, yaitu sentralistiknya. Semua maunya ditarik ke pusat," ulas Sutiyoso dalam diskusi di Bang Yos Center, Jakarta, Minggu (2/11).

 

Lebih lanjut mantan Pangdam Jakarta Raya itu menambahkan, pemerintah pusat sering tidak memahami permasalahan daerah. Bahkan untuk ijin investasi pertambangan saja tak jarang harus melalui pemerintah pusat yang harus melewati empat hingga lima meja menteri.

 

"Investasi ditarik ke atas (pusat). Kepala daerah jadi tak bergairah karena semua ditarikin.Jadinya, kepala daerah lebih sering ada di Jakarta. Alasannya operasi usus buntu, padahal mau sowan (menemui) menteri," tudingnya.

 

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso menilai kebiasaan para kepala daerah yang lebih sering berada di Jakarta sebenarnya menjadi bukti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA