Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kadek 'Jango' Pramartha, 10 Tahun Mempromosikan Budaya Bali lewat Majalah Kartun

Promosi dengan Cara Tinggalkan Majalah di Kursi Pesawat

Kamis, 24 Maret 2011 – 08:21 WIB
Kadek 'Jango' Pramartha, 10 Tahun Mempromosikan Budaya Bali lewat Majalah Kartun - JPNN.COM
Kadek Pramartha menunjukkan majalah kartun Bogbog saat ditemui Jawa Pos di kantornya, sebuah ruko dua lantai di Jl Veteran, Denpasar, Selasa lalu (22/3). Foto: Gunawan Sutanto/Jawa Pos
Sebagai kartunis, Kadek Pramartha ingin total berkiprah. Salah satu karyanya adalah Bogbog. Itu adalah nama majalah kartun yang dia dirikan sejak 10 tahun lalu. Oleh Muri (Museum Rekor Indonesia), Bogbog disebut sebagai majalah kartun pertama yang berbahasa Inggris. Apa yang membuat majalah itu bertahan?

 ------------------------------ --------------

 GUNAWAN SUTANTO, Denpasar

------------------------------ ---------------

Sebuah majalah Bogbog volume 9 terbitan 2010 ditunjukkan Kadek kepada Jawa Pos yang menemuinya di kantornya, sebuah ruko dua lantai di Jl Veteran, Denpasar, Selasa lalu (22/3).

Dalam edisi tersebut, Bogbog dibuat dengan cover berisi komik setrip dengan cerita seorang bule asal Amerika yang jatuh cinta pada budaya Bali. Si bule itu memutuskan untuk tinggal dan membuka bisnis pariwisata di Pulau Dewata. Si bule yang dalam cerita komik tersebut diberi nama Mr Smith itu kemudian mempekerjakan dua warga Bali untuk membantu usaha pariwisatanya. Keduanya bernama Wayan Kari dan Desak Nyoman.

Sebagai kartunis, Kadek Pramartha ingin total berkiprah. Salah satu karyanya adalah Bogbog. Itu adalah nama majalah kartun yang dia dirikan sejak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close