Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kadin Minta Subsidi Naik Lipat Dua

Hidayat: Amankan Sektor Riil dari Krisis, Rp 10 T Tak Cukup

Kamis, 06 November 2008 – 08:42 WIB
Kadin Minta Subsidi Naik Lipat Dua - JPNN.COM
JAKARTA - Kadin Indonesia menilai alokasi anggaran (subsidi) Rp 10 triliun pada APBN tidak cukup mengamankan sektor riil dari tekanan krisis global. Mereka meminta pemerintah melipatduakan anggaran tersebut menjadi Rp 20 triliun.

Usul tersebut didasarkan pada pertumbuhan sektor industri manufaktur yang diperkirakan melambat pada 2009. Bahkan, kapasitas produksi diperkirakan turun 20 persen akibat susutnya permintaan ekspor.

Menurut dia, beberapa sektor industri terkena dampak krisis global. Misalnya, terjadi penurunan permintaan di sektor alas kaki sebagai salah satu dari lima sektor yang dilindungi pemerintah. Itu terlihat dari belum adanya kontrak pesanan untuk tahun depan.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi mengatakan 2009 adalah tahun buruk bagi industri manufaktur Indonesia. Jika pemerintah tidak sanggup menyediakan order untuk industri, sementara buruh meminta kenaikan upah, bisa terjadi PHK besar-besaran. ''Kalau pengusaha tidak dapat order terus, sekitar 10 persen pekerja bisa dirumahkan tahun depan,'' tuturnya.

JAKARTA - Kadin Indonesia menilai alokasi anggaran (subsidi) Rp 10 triliun pada APBN tidak cukup mengamankan sektor riil dari tekanan krisis global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close