Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kaesang dan Faktor Jokowi Menentukan Dalam Perebutan Elektoral di Pemilu 2024

Sabtu, 23 September 2023 – 20:51 WIB
Kaesang dan Faktor Jokowi Menentukan Dalam Perebutan Elektoral di Pemilu 2024 - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi menjadi anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Suami Erina Gudono itu telah menerima kartu tanda anggota (KTA) PSI yang diserahkan langsung Ketua Umum PSI Giring Ganesha di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Solo.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan masuknya Kaesang ke PSI berpotensi mendongkrak suara partai secara signifikan di Pemilu 2024 sehingga partai berlogo mawar itu merangsek menjadi partai menengah bahkan salah satu terbesar.

Pasalnya, kata Qodari, mencermati dinamika politik di tanah air, faktor figur menjadi salah satu variabel penting dalam pemenangan pemilu.

"Jadi, misalnya, Partai Demokrat besar itu karena ada tokoh Pak SBY. Kemudian PDIP sendiri tahun 1999 bisa menjadi pemenang pemilu karena faktor Ibu Mega, kemudian Gerindra bisa signifikan karena faktor Pak Prabowo,” kata Qodari kepada wartawan, Sabtu (23/9/2023).

"Nah, faktor tokoh ini bisa langsung misalnya dalam kasus Ibu Mega dan Pak Prabowo mereka ketua umumnya, tetapi bisa juga tidak langsung, misalnya Partai Demokrat kita ingat tahun 2004, Pak SBY tidak ketua umum Partai Demokrat tetapi istrinya adalah wakil ketua umum,” kata Qodari.

Saat ini, Qodari mengaku masih menunggu posisi jabatan yang akan diduduki Kaesang, apakah sebagai anggota, menduduki jabatan struktural atau juru kampanye saja.

"Namun, saya yakin nanti gambarnya Kaesang itu akan dipampang dan dikaitkan dengan nama dan logo PSI,” ungkap Qodari.

Kaesang dan faktor Jokowi akan sangat menentukan dalam perebutan elektoral di Pemilu 2024 karena tingginya tingkat kepuasan Jokowi di angka 80 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close