Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kaesang Effect: Proporsi PSI Tertinggi dalam Memenangkan Prabowo-Gibran

Oleh: Adjie Masaid

Minggu, 05 Mei 2024 – 16:38 WIB
Kaesang Effect: Proporsi PSI Tertinggi dalam Memenangkan Prabowo-Gibran - JPNN.COM
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat kampanye akbar 'Mawar Melawan` di Stadion Mini Parigi Lama, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis (25/1/2024). Foto: dok PSI

jpnn.com, JAKARTA - Pemilu 2024 sudah selesai. Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memutuskan dan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Presiden terpilih Republik Indonesia 2024-2029.

Ihwal tujuh parpol pengusung pasangan calon presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada Pemilu 2024, PSI menjadi parpol yang tertinggi limpahan suara pemilih memenangkan Prabowo-Gibran.

Analisis Harian Kompas (15/4/2024), untuk mengukur kontribusi parpol dalam andil terhadap suara Prabowo-Gibran, perlu ditelisik lebih lanjut bagaimana sumbangan suara pemilih partai terhadap suara yang masuk untuk pasangan capres dan cawapres.

Salah satu data yang dapat digunakan untuk melihatnya adalah hasil survei pascapencoblosan (exit poll).

Data survei exit poll yang dikumpulkan saat pemungutan suara dapat menggambarkan persilangan antara pemilih Prabowo-Gibran dengan partai politik pilihan responden.

Sudut pandang pertama kontribusi menurut Analisis Harian Kompas itu, yaitu sudut pandang limpahan pemilih masing-masing partai terhadap pilihan presidennya. 

Dalam sudut pandang pertama, dari seluruh responden yang mengaku memilih Gerindra, sebanyak 87,61 persen menyatakan memilih pasangan Prabowo-Gibran.

Jumlah ini sekaligus menjadi yang paling tinggi dibandingkan pemilih parpol lainnya. Dengan kacamata yang sama, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berada di posisi kedua.

Tidak diragukan, efek Kaesang juga menjadi salah satu penentu penting kenapa suara generasi muda lebih banyak memilih Prabowo-Gibran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close