Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KAI Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Kamis, 23 Juli 2020 – 04:21 WIB
KAI Pekerjakan Penyandang Disabilitas - JPNN.COM
PT KAI mempekerjakan penyandang disabilitas. Foto dok KAI

jpnn.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk bisa bergabung dengan perusahaan dan ikut memajukan perkeretaapian nasional.

Hal itu dilakukan dalam mendukung MoU antara Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian BUMN tentang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas pada BUMN yang ditandatangani oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri BUMN Erick Thohir di Ruang Tri Darma Kemenaker, pada Rabu (22/7).

“KAI bertekad menjalankan Undang-Undang No 8 Tahun 2016 dengan selalu berupaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak tenaga kerja penyandang disabilitas yang kami pekerjakan tanpa diskriminasi,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Langkah ini juga merupakan salah satu bentuk hadirnya BUMN Untuk Indonesia dari KAI, dalam menciptakan peluang yang setara bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Saat ini, KAI sudah mempekerjakan penyandang disabilitas di berbagai bidang pekerjaan yang tersebar di beberapa wilayah kerja perseroan.

Seperti, Soni Sukmawijaya yang bertugas sebagai Staff di unit Keuangan Daop 2 Bandung dan Suheni Surma yang bertugas sebagai Staff di unit Angkutan Penumpang Daop 2 Bandung.

“KAI menempatkan penyandang disabilitas menyesuaikan dengan kemampuan mereka masing-masing agar tetap bisa memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan,” tutur Joni.

Joni menambahkan, hak pegawai penyandang disabilitas setara dengan pegawai lainnya, termasuk dalam hal remunerasi atau kesempatan promosi. Contohnya Syaiful, meski tangannya tidak berfungsi sempurna, dia sekarang menjabat sebagai Manager Produksi di Balai Yasa Yogyakarta.

Saat ini, KAI sudah mempekerjakan penyandang disabilitas di berbagai bidang pekerjaan yang tersebar di beberapa wilayah kerja perseroan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close