Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kain Sasirangan Mengubah Nasib Agustinus Sandi

Minggu, 31 Desember 2023 – 09:50 WIB
Kain Sasirangan Mengubah Nasib Agustinus Sandi - JPNN.COM
Agustinus Sandi (tenga) saat memberikan pelatihan kepada masyarakat. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan kepada Agustinus Sandi, atas prestasi mengembangkan dan melestarikan kain tradisional Sasirangan.

Alumnus S1 FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarmasin, menjadi juara pertama Pemuda Pelopor tingkat Nasional di bidang agama, sosial, dan budaya pada 2023.

"Kain Sasirangan tidak hanya menjadi lambang pelestarian budaya, tetapi juga berperan sebagai pusat kegiatan yang mendukung usaha ekonomi lokal," kata Agustinus Sandi, dalam keterangannya, Minggu (31/12).

Kehebatan Agustinus Sandi, tidak hanya pada gelar yang diraihnya, tetapi membawa dampak positif luar biasa, teruatama dalam kontekts pembangunan dan pengembangan sektor pemuda.

Prestasi Sandi tidak hanya diakui sebagai keberhasilan personal, tetapi juga sebagai kontribusi berarti terhadap kekayaan budaya bangsa.

Menurut Sandi, mendirikan Kantan Sasirangan cukup berat. Dia kerapa kali dihadapkan beberapa penolakan saat mencoba belajar.

Masalah tersebut bukannya menjadikan nyali ciut, Sandi makin bersemangat untuk membawa perubahan besar pada masyarakat sekitar dengan terus belajar kain Sasirangan. Dia aktif mengikuti berbagai macam kegiatan.

Sampailah pada satu titik dia berhasil mengembangkan kesenian tersebut, bahkan dengan melakukan beberapa pelatihan kepada masyarakat sekitar, khususnya Ibu-Ibu.

Perjalanan inspiratif Agustinus Sandi mengembangkan dan melestarikan kain tradisional sasirangan diapresiasi Kemenpora.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close