Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kalau Indonesia Siap Menyelenggarakan Haji, Seharusnya Menunggu Keputusan Saudi

Jumat, 04 Juni 2021 – 23:34 WIB
Kalau Indonesia Siap Menyelenggarakan Haji, Seharusnya Menunggu Keputusan Saudi - JPNN.COM
Iskan Qolba Lubis. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis menilai ada pertentangan antara narasi yang diungkapkan Pemerintah Indonesia dengan eksekusi lapangan tentang pelaksanaan ibadah haji 1442 H/2021 M.

Sebab, kata Iskan, di satu sisi pemerintah selalu mengeklaim siap menyelenggarakan ibadah yang menjadi rukun Islam kelima itu.

Namun, lanjut dia, di sisi lain pemerintah justru memutuskan pembatalan keberangkatan jemaah calon haji 2021, ketika pihak Kerajaan Arab Saudi belum menentukan kuota.

"Kalau Indonesia siap, tunggu saja. Begitu Arab Saudi tentukan, tinggal sikat. Kalau sudah siap, kenapa harus buru-buru," kata Iskan saat dihubungi, Jumat (4/6).

Legislator Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan semua negara saat ini masih menunggu keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji.

Menurut dia, Indonesia bisa bersabar seperti Mesir dan Turki dalam menunggu keputusan penyelenggaraan haji dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

"Logikanya begini, Indonesia tidak memberangkatkan, ini malu kita. Kalau pemerintah bilang keputusan membatalkan demi melaksanakan UU negara, semua negara juga bilang begitu," ungkapnya.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi mengeklaim pihaknya melakukan kajian mendalam dari berbagai aspek sebelum memutuskan pembatalan keberangkatan jemaah calon haji 1442 H/2021 M.

Iskan Qolba Lubis mengatakan semua negara saat ini masih menunggu keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji. Indonesia bisa bersabar seperti Mesir dan Turki dalam menunggu keputusan tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Kafe Kaifa

    Senin, 08 April 2024 – 13:06 WIB
    Kafe Kaifa - JPNN.com
  • Sepak Bola

    Timnas U-23 Indonesia Kalah, Ada Evaluasi Penting dari STY

    Sabtu, 06 April 2024 – 06:08 WIB
    Timnas U-23 Indonesia Kalah, Ada Evaluasi Penting dari STY - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Said Abdullah

    Senin, 25 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Said Abdullah - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Salat Diskon

    Senin, 11 Maret 2024 – 07:41 WIB
    Salat Diskon - JPNN.com
X Close