Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kalimat Rizal Ramli untuk Jokowi dan Nadiem Makarim, pakai Kata Mohon

Kamis, 28 Mei 2020 – 08:58 WIB
Kalimat Rizal Ramli untuk Jokowi dan Nadiem Makarim, pakai Kata Mohon - JPNN.COM
Rizal Ramli. Foto: dokumentasi JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyoroti rencana pemerintah untuk memulai tahun ajaran baru 2020/2021 sekolah pada 13 Juli mendatang.

Lewat akun Twitter-nya, Rabu malam (27/5), tokoh kelahiran Padang, Sumatera Barat itu memberikan saran supaya Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menunda tahun ajaran baru.

"Corona masih belum betul-betul menurun. Banyak SD, SMP padat sekali. Nyaris sulit untuk jaga jarak. Presiden @jokowi dan Nadiem mohon sekolah SD, SMP dan SMA diundur sampai awal tahun depan. Jepang yang penanganan Corona dan social distance -nya terjaga juga undurkan sekolah sampai Januari," ucapnya di akun @RamliRizal.

Sebelumnya Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga menyampaikan kekhawatirannya sekolah menjadi klaster baru penyebaran virus corona jenis baru itu.

Hal ini tertuang dalam rekomendasi KPAI sebagaimana disampaikan Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti, merespons rencana Menteri Nadiem membuka kembali aktivitas sekolah.

"KPAI mendorong Kemdikbud dan Kemenag RI belajar dari negara lain yang sudah mulai turun kasusnya, bahkan zero kasus kemudian membuka sekolah dengan menerapkan portokol kesehatan, namun ternyata ditemui kasus baru karena siswa dan guru tertular covid 19. Sekolah malah menjadi kluster baru," ucap Retno pada Selasa (26/5).

KPAI juga menyodorkan data bahwa hingga saat ini ada lebih dari 800-an anak yang telah tertulari Covid-19.

Penularan virus yang mewabah itu terjadi melalui kontak dari orang tua ataupun keluarga terdekat.

Rizal Ramli menyampaikan pernyataan yang ditujukan kepada Presiden Jokowi dan Mendikbud Nadiem Makarim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close