Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kalla: Kekerasan Bergantung 10 Kelompok Media

Jumat, 19 September 2008 – 11:58 WIB
Kalla: Kekerasan Bergantung 10 Kelompok Media - JPNN.COM
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kondisi masyarakat Indonesia bergantung pada 45 penguasa informasi. Karena itu, pembenahan seluruh sektor kehidupan rakyat juga bergantung pada kebijaksanaan 45 orang tersebut. Menurut Kalla, 40 orang tersebut meliputi 15 pengamat ekonomi, 20 pengamat sosial-politik, dan 10 pemilik kelompok media massa. Ke-45 orang itu yang menentukan opini yang berkembang di masyarakat, yang pada gilirannya menentukan arah kebijakan pemerintah.

”Jadi, baik buruknya negara bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga tanggung jawab ke-45 orang tersebut,” ujar Kalla dalam diskusi dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Wakil Presiden tadi malam.

Kalla mencontohkan, budaya kekerasan sebenarnya tidak disukai masyarakat. Masyarakat pada awalnya antipati dengan tindak kekerasan, demonstrasi, pemogokan, dan kriminalitas brutal. Namun, sejak kekerasan dieksploitasi media massa, terutama media elektronik, budaya kekerasan kini lazim terjadi di masyarakat.

”Dulu mana ada pencuri dibakar, paling diarak keliling kampung dan digebuki. Sekarang pencuri sandal pun bisa dibakar karena orang-orang biasa melihat itu di televisi,” katanya.

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kondisi masyarakat Indonesia bergantung pada 45 penguasa informasi. Karena itu, pembenahan seluruh sektor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close