Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 Tokopedia dan TikTok Mendongkrak Penjualan UMKM

Rabu, 20 Desember 2023 – 15:13 WIB
Kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 Tokopedia dan TikTok Mendongkrak Penjualan UMKM - JPNN.COM
Masyarakat bisa menemukan berbagai pilihan produk buatan pelaku usaha lokal lewat halaman khusus kampanye ‘Beli Lokal’ di aplikasi Tokopedia dan TikTok. Foto: Dokumentasi Tokopedia

jpnn.com, JAKARTA - Tokopedia dan TikTok telah meluncurkan kampanye 'Beli Lokal' saat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu.

Kampanye 'Beli Lokal' bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12 melalui aplikasi Tokopedia dan TikTok.

Animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, berdampak positif pada penjualan para UMKM lokal.

“Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” ungkap Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan.

Dia juga mengungkapkan sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian pada November 2023.

Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye 'Beli Lokal', khususnya di Tokopedia pada Harbolnas 12.12 lalu, antara lain kecantikan, perawatan tubuh, fesyen, makanan dan minuman, serta rumah tangga.

Di TikTok, kategori tersebut didominasi kecantikan dan perawatan diri, pakaian wanita, fasyen muslim, pakaian pria, serta makanan dan minuman.

Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co., Aerostreet dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.

Brand lokal parfum di Tokopedia, SAFF & Co., hadirkan wewangian dari Nusantara

Pada semester I 2023, produk parfum adalah salah satu produk perawatan tubuh yang paling laris di Tokopedia.

Hal ini melatarbelakangi kolaborasi antara Tokopedia dengan berbagai pelaku usaha di kategori kecantikan dan perawatan tubuh, salah satunya brand lokal SAFF & Co., untuk meluncurkan produk parfum SAFF & Co. ‘Maleali’ eksklusif di Tokopedia saat Harbolnas 12.12.

Kolaborasi Tokopedia dan TikTok melalui kampanye 'Beli Lokal' 12.12 meningkatkan penjualan UMKM, salah satunya sejumlah brand kecantikan dan fesyen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close