Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kampanye Pakai Anggaran KPK, Firli Bahuri Kembali Dilaporkan ke Dewas

Jumat, 11 Maret 2022 – 18:53 WIB
Kampanye Pakai Anggaran KPK, Firli Bahuri Kembali Dilaporkan ke Dewas - JPNN.COM
Ketua KPK Firli Bahuri . Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Memanggil 57+ Institute melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ke Dewan Pengawas (Dewas), Jumat (11/3). Lembaga yang mewadahi eks pegawai KPK itu menilai Firli menggunakan anggaran komisi antirasuah untuk berkampanye.

Senior Investigator Rizka Anungnata mengatakan pihaknya menilai Firli telah melanggar kode etik dan pedoman perilaku karena menggunakan fasilitas negara berupa SMS berantai atau SMS blast.

"Dugaan Ketua KPK telah sewenang-wenang menggunakan fasilitas KPK yang dibiayai oleh anggaran negara untuk kepentingan pribadinya berupa menyampaikan pesan SMS yang tidak terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab," kata dia dalam siaran pers.

Rizka membeberkan kronologis kasus yang berangkat dari pengakuan beberapa orang yang mendapatkan pesan singkat dari KPK RI. Namun, isi pesan tersebut tidak berkaitan dengan nilai-nilai antikorupsi dan justru berisi pesan pribadi yang mengatasnamakan Ketua KPK.

Pesan tersebut sempat viral dan menjadi perbincangan publik di media sosial.

"Hal yang menjadi sorotan publik terkait beredarnya SMS Blast KPK RI, antara lain, pesan hanya mengatas namakan Ketua KPK, kemudian pesan tidak mengandung nilai-nilai antikorupsi atau berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya selaku ketua, serta tidak jelasnya sumber anggaran yang digunakan untuk SMS blast tersebut," kata Rizka.

Rizka menerangkan Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan adanya pengadaan SMS Masking di KPK. Namun, pengadaan tersebut berkaitan dengan kepentingan kegiatan LHKPN.

Hal ini, lanjut dia, dapat dilihat melalui situs LPSE Kementerian Keuangan bahwa anggaran pengadaan SMS Blast oleh KPK pada 2022 dengan nominal Rp 999.218.000 dipergunakan untuk kegiatan LHKPN. Seperti permintaan token, pemberitahuan LHKPN sudah di-submit, pemberitahuan LHKPN telah lengkap, dan seterusnya.

Indonesia Memanggil 57+ Institute melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri ke Dewas. Novel Baswedan Cs mengendus adanya kejanggalan di balik SMS berantai Firli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close