Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kampung Buah di Bulungan Kaltara Bersiap Ekspor Nanas & Pisang ke Malaysia dan Brunei

Selasa, 04 Juli 2023 – 11:48 WIB
Kampung Buah di Bulungan Kaltara Bersiap Ekspor Nanas & Pisang ke Malaysia dan Brunei - JPNN.COM
Kampung buah di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara bersiap diri untuk mengekspor nanas dan pisang. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, BULUNGAN - Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) memiliki potensi besar dalam pengembangan komoditas hortikultura, khususnya buah-buahan.

Meski sebagian besar tanahnya bersifat masam, petani di daerah tersebut tidak patah semangat untuk menanam dan mengolah buah-buahan, seperti nanas dan pisang.

Kabupaten Bulungan memiliki potensi besar pengembangan nanas dan pisang.

Permintaan terhadap kedua jenis komoditas ini masih sangat tinggi di pasar internasional.

Nanas dan pisang termasuk yang paling banyak diminati warga setempat maupun luar daerah dan menjadi fokus pengembangan dalam bentuk progam kampung buah.

Kampung buah di Bulungan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan konsumen, serta membuka peluang ekspor ke pasar internasional.

Program ini juga dapat mendukung rencana pemindahan ibukota negara ke IKN Nusantara yang berlokasi tidak jauh dari Bulungan.

“Suatu saat nanti, ketika orang berbicara Kabupaten Parigi Moutong, maka dia akan berbicara segala jenis durian. Ketika seseorang berbicara Bima NTB, maka dia akan mengingat bawang merah. Demikian halnya dengan Kabupaten Bulungan, orang akan mengenang pisang dan nanas. Jika petani konsisten menekuninya, bukan tidak mungkin produknya bisa diekspor, ” ujar Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (4/7).

Ditjen Hortikultura terus melakukan monev terkait persiapan kampung buah di Bulungan mengekspor nanas dan pisang ke Malaysia dan Brunei

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close