Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kampung Madani & PNM Peduli Olah Limbah Jadi Berkah

Sabtu, 22 Juli 2023 – 21:00 WIB
Kampung Madani & PNM Peduli Olah Limbah Jadi Berkah - JPNN.COM
Desa binaan PNM, yakni kampung Madani, Bandung. Foto: Dok PNM

jpnn.com, JAKARTA - PNM terus melihat potensi berbagai peluang yang mampu memberi nilai tambah bagi masyarakat, tak terkecuali soal mengolah limbah.

Salah satu yang fokus dilakukan PNM adalah memanfaatkan biogas di Desa Cibodas, Bandung. Melalui program Kampung Madani, PNM melatih warga desa untuk mampu mengolah kotoran ternak sapi di desanya menjadi produk pupuk kompos hingga bahan bakar untuk memasak.

Kampung Madani sendiri merupakan kampung binaan PNM yang dirancang agar masyarakat dapat mengembangkan potensi pertanian, ekonomi, pendidikan, maupun sosial kemasyarakatan.

Salah satu penerima manfaat pelatihan biogas adalah Eti.

Dia berprofesi sebagai petani sayur sedangkan suaminya beternak mengurus beberapa ekor sapi di rumahnya.

Eti dan suaminya dilatih untuk mampu mengolah kotoran sapi menjadi pupuk yang juga bisa dimanfaatkan oleh Eti untuk menggemburkan sayur yang ditanamnya. Selain itu, olahan limbah kotoran tersebut juga kini bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak sehari-hari.

“Alhamdulillah saya dan suami sekarang ngga perlu lagi beli gas untuk masak. Kami sudah dilatih mengolah kotoran sapi di rumah. Jadi pengeluaran untuk urusan dapur berkurang, malah nambah pemasukan dari jualan pupuk,” imbuhnya.

Eti menyebut warga lain yang memiliki usaha budi daya cacing juga terbantu dengan adanya pelatihan pengolahan limbah ternak. Pasalnya, olahan kotoran sapi juga dibagikan kepada para petani di Desa Cibodas untuk menggemburkan cacingnya. Setelah cacing besar kemudian dijual. Tanah bekas budidaya dimanfaatkan sebagai pupuk oleh para petani sayuran.

PNM terus melihat potensi berbagai peluang yang mampu memberi nilai tambah bagi masyarakat, tak terkecuali soal mengolah limbah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   PNM  Limbah  Pupuk  Biogas 
BERITA LAINNYA
X Close