Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kampus Swasta Tertua di Singapura, Salah Satu Alumninya Putra Jokowi

Senin, 09 Maret 2015 – 04:55 WIB
Kampus Swasta Tertua di Singapura, Salah Satu Alumninya Putra Jokowi - JPNN.COM
Aktivitas mahasiswa MDIS ketika program Open House 2015, Sabtu (7/3). Foto: Hilmi Setiawan/Jawa Pos

jpnn.com - SINGAPURA - Memasuki akhir tahun pelajaran atau masa kelulusan, kampus-kampus di Singapura gencar melakukan promosi untuk menarik minat  lulusan SMA/sederajat di Indonesia.

Potensi lulusan SMA sederajat tahun ini memang besar. Data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan peserta unas untuk kelompok SMA ada 1.632.757 siswa.

Kemudian dari kelompok SMK ada 1.171.907 siswa. Jumlah ini belum ditambah peserta unas di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Umumnya promosi yang dilakukan oleh perguruan tinggi di Singapura bertajuk even Open House. Pada acara ini, semua potensi unggulan kampus diperagakan. Tidak ketinggalan mereka juga mengundang langsung siswa tingkat akhir dari sekolah-sekolah SMA di Indonesia.

Diantara kampus yang menggelar Open House adalah Management Development Institute of Singapura (MDIS). Perguruan tinggi yang berada di Jalan Stirling ini adalah kampus swasta tertua di Singapura. Anak sulung Presiden Joko Widodo yang bernama Gibran Rangkabuming Raka tercatat adalah alumni MDIS.

Saat mengikuti rangkaian open house di MDIS pada 6-8 Maret Jawa Pos berkesempatan masuk dan melihat kegiatan unggulan mahasiswa di sana. Seperti kegiatan robotik dengan menciptakan robot sensor warna dan mesin 3D printing. Kebetulan saat itu juga ada kunjungan murid-murid tibgkat akhir dari SMAK Yos Sudarso Batam.

Kemudian juga kegiatan mahasiswa di bidang penyiaran radio dan televisi. Lalu di bidang perhotelan dan paikologi serta menejemen ekonomi.

Sekretaris Jenderal, setingkat rektor, MDIS Dr R. Theyvendran mengatakan, orientasi kegiatan mereka bukan mencetak uang. "Kita di sini ingin membantu mahasiswa untuk menjadi sukses," katanya.

SINGAPURA - Memasuki akhir tahun pelajaran atau masa kelulusan, kampus-kampus di Singapura gencar melakukan promosi untuk menarik minat  lulusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close