Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapan Gunung Agung Pertama Kali Meletus?

Minggu, 24 September 2017 – 07:56 WIB
Kapan Gunung Agung Pertama Kali Meletus? - JPNN.COM
Gunung Agung dilihat dari Pura Besakih pada 1935. Foto: Dok Arsip Nasional Belanda.

jpnn.com - GUNUNG Agung di Karangasem, Bali pertama kali meletus pada 113 Saka atau 191 Masehi. Inilah senarai kisah Gunung Agung berdasarkan lontar.

Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network

Tersebut dalam lontar Kutarakanda Dewapurana Bangsul, Sanghyang Parameswara nama lain Bhatara Sanghyang Pasupati menitah kepada putranya Sanghyang Gnijaya Sakti atau Bhatara Hyang Gnijaya. 

“Wahai anakku sekalian,” seru Sanghyang Parameswara, “kamu kuperintahkan pergi ke Bali, agar Bali menjadi tentram, dan agar kamu menjadi penguasa dan junjungan rakyat di sana.”

“Kamu boleh memilih gunung sebagai tempat tinggalmu, dan di sana supaya kamu membuat Kahyangan.”

“Sekarang di Bali sudah ada beberapa buah gunung. Adanya gunung tersebut tidak lain berkat yogaku dahulu, dengan membawa gunung-gunung itu dari India.”

“Gunung Mahameru, aku potong di pertengahannya sampai puncaknya, lalu aku bawa dan aku tempatkan di Pulau Bali. Setibanya di Bali, aku pecah-pecah menjadi beberapa bagian besar kecil.”

“Sesudah aku letakkan semuanya seperti gunduk-gundukan, kemudian menjadi bukit-bukit di pegunungan, maka Bali menjadi tenang dan pulau itu tidak bergoyang lagi.”

GUNUNG Agung di Karangasem, Bali pertama kali meletus pada 113 Saka atau 191 Masehi. Inilah senarai kisah Gunung Agung berdasarkan lontar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close