Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan Ikut Berjibaku Padamkan Karhutla di Lahan Gambut

Kamis, 01 Agustus 2024 – 08:51 WIB
Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan Ikut Berjibaku Padamkan Karhutla di Lahan Gambut - JPNN.COM
Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan saat ikut memadamkan karhutla di Parit Buncit, RT 2 Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas pada Rabu (31/7). Foto: Polres Inhil

jpnn.com - Kapolres Indragiri Hilir (Inhil) AKBP Budi Setiawan turun langsung ke lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Parit Buncit, RT 2 Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas pada Rabu (31/7).

AKBP Budi Setiawan bersama tim bergabung dengan TNI, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan BPBD Inhil serta masyarakat yang terus berupaya melakukan pemadaman.

Menurut Kapolres Inhil, perluasan areal terbakar ini sudah dapat dilokalisir oleh tim, tetapi membutuhkan kerja ekstra keras untuk melakukan pemadaman total dan pendinginan serta upaya penyekatan agar api tidak merambat ke lahan lain.

Adapun kendala tim saat melakukan pemadaman area tersebut karena ada di lahan gambut dengan ketebalan mencapai 3 meter.

“Ini yang sulit untuk diprediksi apakah api itu sudah padam atau belum. Namun, kami terus berupaya mendinginkan lahan yang sudah dipadamkan,” ucap perwira menengah Polri itu.

Dia menyebut keberadaan kanal di sekeliling lahan itu cukup memudahkan untuk mengantisipasi agar api tidak menyebar ke areal lainnya.

"Kami takutkan api bisa menyeberang ke lahan lain. Namun dengan adanya kanal tersebut, kekhawatiran itu agak terkurangi, dan kerja bisa sedikit ringan," tuturnya.

Pemadaman api di kawasan itu dilakukan menggunakan dengan peralatan yang ada, yakni berupa mesin robin 3 unit dan 1 unit mini striker.

Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan ikut berjibaku memadamkan karhutla di kawasan gambut di Kecamatan Kempas pada Rabu (31/7). Lihat kondisinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA