Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kardinal Suharyo Beri Pesan Khusus untuk GMRI, Begini Kalimatnya

Jumat, 01 Oktober 2021 – 22:29 WIB
Kardinal Suharyo Beri Pesan Khusus untuk GMRI, Begini Kalimatnya - JPNN.COM
Ketua Umum GMRI Eko Sriyanto Galgendu saat menerima pesan tertulis dari Kardinal Ignatius Suharyo di Keuskupan Agung, Jakarta Pusat. Foto: dok. GMRI

jpnn.com, JAKARTA - Kardinal Ignatius Suharyo mendukung program yang dilakukan Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI) yang dimotori oleh Eko Sriyanto Galgendu untuk membangun kebangkitan kesadaran spiritual bangsa Indonesia.

Pernyataan dukungan ini dituangkan oleh Kardinal dalam bentuk tulisan tangan lengkap di atas selembar kertas dengan logo Kardinal berbentuk gunungan khas Jawa.

'Mas Eko, saya kagum akan kesungguhan dan totalitas panjenengan merawat dan mengembangkan Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia. Semoga buah-buahnya semakin dirasakan oleh seluruh bangsa di dunia'.

Demikian surat khusus yang ditulis tangan langsung oleh Kardinal Ignatius Suharyo, tertanggal 29 September 2021, saat GMRI berkunjung ke Keuskupan Agung Jakarta di Jalan Katedral Jakarta Pusat.

Menurut Kardinal, mengutip pendapat para peneliti klas dunia, bangsa Indonesia cukup memiliki modal sosial sebagai negara dalam urutan pertama dari 146 negara yang memiliki sikap suka memberi atau menolong, dan nomor enam dari 167 negara di dunia yang memiliki modal sosial terbesar di dunia.

"Konsep tentang Sang Khalik, makhluk dan akhlak yang telah digradasi oleh ketamakan manusia sebagai makhluk yang membajak peran Tuhan, yaitu Sang Khalik, dalam bersikap dan bertindak, harus dapat dikembalikan pada fitrahnya semula," ujar Kardinal. 

Dia menegaskan, penyembahan terhadap berbagai bentuk berhala juga sangat di tentang oleh Katolik seperti yang dilakukan oleh banyak orang sekarang. Meski bentuk berhalanya sekarang berupa uang atau harta benda serta kekuasaan.

"Pemberhalaan terhadap harra benda dan kekyasaan itu, merupajan bentuk dari kerakusan dan ketamakan manusia yang tidak berakhlak. Sehingga manusia Indonesia sebagai makhluk ciptaan Tuhan ingin juga berperan sebagai Tuhan," ujar Kardinal. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kardinal Ignatius Suharyo memberikan pesan khusus untuk GMRI yang dimotori oleh Eko Sriyanto Galgendu.

Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close