Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Karhutla 311 Hektare di Inhu Padam, Upaya Pendinginan Terus Dilakukan

Jumat, 26 Juli 2024 – 04:00 WIB
Karhutla 311 Hektare di Inhu Padam, Upaya Pendinginan Terus Dilakukan - JPNN.COM
Dirsamapta Polda Riau Kombes Raswin B Sirait memimpin pendinginan bekas karhutla di Inhu. Foto: Polres Inhu

jpnn.com, PEKANBARU - Upaya pendinginan bekas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sungai Guntung, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) seluas 311 hektare terus dilakukan petugas.

Memasuki hari kelima sejak 20 Juli 2024 upaya pendinginan masih dilakukan oleh Tim Polda Riau, Polres Inhu, BPBD, dan instansi terkait lainnya.

Kali ini pendinginan dipimpin langsung Dirsamapta Polda Riau Kombes Raswin B. Sirait, selaku Ketua Tim Pamatwil di wilayah tersebut.

Kombes Raswin turut mengambil alih pendinginan dengan cara menyiram air ke tanah gambut yang mengeluarkan asap menggunakan selang mesin.

Tim pendinginan juga membuat sekat bakar menggunakan alat berat ekskavator untuk memutus dan mengantisipasi penyebaran api.

“Situasi saat ini alhamdulilah api sudah padam. Tinggal pendinginan dan kami jaga agar tidak muncul api kembali,” kata Kombes Raswin, Kamis (25/7).

Kombes Raswin menjelaskan pendinginan hari ini ditunda sementara dan akan dilanjutkan besok hari, dengan fokus pada pembuatan sekat bakar dan pendinginan di gambut yang masih mengeluarkan api.

Petugas juga mengalami kendala saat memadamkan api hingga pendinginan seperti akses jalan yang sulit dilalui kendaraan roda empat.

Upaya pendinginan bekas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indragiri Hulu (Inhu) seluas 311 hektare terus dilakukan petugas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA