Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Karhutla di Kalsel Mencapai 163 Hektare

Minggu, 25 Juni 2023 – 14:22 WIB
Karhutla di Kalsel Mencapai 163 Hektare - JPNN.COM
Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan (Kalsel) sedang memadamkan titik api karhutla yang melanda puluhan hektare lahan di Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (24/6/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

jpnn.com - BANJARBARU - Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan hingga Sabtu (24/6), luas total sementara kebakaran hutan dan lahan di Kalsel mencapai 163,15 hektare.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kalsel Raden Suria Fadliansyah mengatakan pihaknya sudah mengerahkan ratusan pasukan dan seluruh peralatan yang ada untuk memadamkan api.

Berdasar data yang dihimpun tim BPBD, karhutla telah melanda sebagian wilayah pada satu kota dan enam kabupaten di Kalimantan Selatan.

“Tim lapangan melakukan observasi dan pendataan di lokasi kejadian serta menjamin karhutla tidak menyebar ke permukiman,” kata dia melalui keterangan tertulis di Banjarbaru, Minggu (25/6).

Manager Pusdalops-PB BPBD Kalsel Ricky Ferdyanto memaparkan wilayah yang telah dilanda karhutla, yakni Kota Banjarbaru dan enam kabupaten lainnya, yakni Tanah Laut, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

“Ada sebanyak 2.168 titik api yang menyebar di 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Ricky mengungkapkan ribuan titik api tersebut menyebabkan karhutla telah melahap hingga 163,15 wilayah di Kalsel.

Dia menuturkan data tersebut berdasarkan laporan tim Pusdalops-PB BPBD Kalsel per Sabtu kemarin.

Berdasar data yang dihimpun tim BPBD, karhutla telah melanda sebagian wilayah pada satu kota dan enam kabupaten di Kalimantan Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close