Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Karnaval Merdeka Belajar 2023, Sinergi Budaya dan Pendidikan untuk Peradaban Maju

Rabu, 31 Mei 2023 – 06:18 WIB
Karnaval Merdeka Belajar 2023, Sinergi Budaya dan Pendidikan untuk Peradaban Maju - JPNN.COM
Karnaval Merdeka Belajar 2023 Kemendikbudristek dinilai menjadi semangat dan motivasi baru dalam dunia pendidikan dan budaya. Foto: Dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Karnaval Merdeka Belajar 2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dinilai menjadi semangat dan motivasi baru dalam dunia pendidikan nasional.

Semarak Karnaval Merdeka Belajar 2023 sangat terasa di sepanjang ruas jalan titik 0 kilometer Yogyakarta pada Minggu malam (28/5).

Koreografer lokal yang menjadi bagian dari karnaval, Anter Asmorotedjo optimistis karnaval itu dapat memberikan banyak inspirasi kepada masyarakat tentang makna merdeka belajar.

Adapun Karnaval Merdeka Belajar 2023 diisi dengan segala pentas seni budaya seperti tarian dan video mapping, yang dipadukan dengan penataan cahaya serta perangkat teknologi oleh ratusan pelaku seni, budayawan, pegiat pendidikan, maupun pelajar.

“Apalagi kebetulan acaranya di Yogyakarta sebagai kota pusat pendidikan, pasti banyak orang yang melihat dan akan termotivasi dari melihat pertunjukan seni budaya ditampilkan,” ujar Anter.

Anter menjelaskan konsep koreografi yang dipentaskan kali ini menggambarkan era perjalanan masa pendidikan sejak masa kuno hingga saat ini, khususnya di Indonesia, dengan mengkaitkan program merdeka belajar.

“Acara ini diharapkan dapat mengenal lebih jauh tentang budaya dan belajar di Indonesia,” ucap Anter.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menuturkan penyelenggaraan Karnaval Merdeka Belajar 2023 akan mengedukasi publik bahwa seni budaya ikut mendorong kemajuan pendidikan tanah air.

Karnaval Merdeka Belajar 2023 Kemendikbudristek dinilai menjadi semangat dan motivasi baru dalam dunia pendidikan dan budaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close