Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kartu Tani Bikin Petani Mudah Terima KUR

Rabu, 31 Agustus 2016 – 09:15 WIB
Kartu Tani Bikin Petani Mudah Terima KUR - JPNN.COM
Rini Soemarno. Foto: JPNN

jpnn.com - JOMBANG – Kartu tani memberikan banyak manfaat untuk para petani. Dengan kartu itu, petani akan lebih mudah terakses perbankan. Kartu tersebut memang menghadirkan banyak kemudahan.

Lewat kartu yang juga berfungsi sebagai kartu ATM dan debit itu bisa diketahui data tanam, pemeliharaan, pascapanen, dan pembiayaan. Pemerintah pun bakal lebih tepat dalam memberikan subsidi pupuk dan bibit.

Profil data yang lengkap juga membuat petani lebih bankable sehingga mudah menerima kredit usaha rakyat.

Menteri BUMN Rini Soemarno kemarin melakukan soft launching kartu tersebut di pabrik gula milik PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X), Jombang, Jawa Timur.

Rini mengatakan, masalah yang menghambat sektor pertanian ada dua, yakni on-farm dan off-farm.

’’Kalau di off-farm, biaya untuk kebutuhan tanam terlalu tinggi bagi petani. Sementara pendapatan dari hasil bertani tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan itu. Begitu aja terus berulang-ulang,’’ paparnya.

Di sisi lain, pemerintah ingin mengembalikan status Indonesia agar bisa swasembada pangan. Termasuk gula. Dengan kartu tani, basis data tentang profil petani terekam dengan lengkap.

Mulai luas dan lokasi lahan, jadwal panen, penjatahan pupuk, perincian transaksi pabrik gula, termasuk jumlah rendemen (kadar gula dalam tebu), sampai jumlah produksi gula.

JOMBANG – Kartu tani memberikan banyak manfaat untuk para petani. Dengan kartu itu, petani akan lebih mudah terakses perbankan. Kartu tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close