Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kartu Tani Makin Memudahkan Petani

Kamis, 08 Juni 2017 – 01:16 WIB
Kartu Tani Makin Memudahkan Petani - JPNN.COM
Petani di sawah. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SUMENEP - Bank Negara Indonesia (BNI) siap menyalurkan sekitar 1,3 juta Kartu Tani untuk petani penerima manfaat subsidi pupuk.

Salah satunya, di Sumenep, Jawa Timur. Realisasi penyaluran Kartu Tani di Sumenep diberikan kepada 120 ribu petani setempat.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno menyatakan, Sumenep dipilih sebagai tempat peresmian karena menjadi satu-satunya kabupaten yang tuntas mendistribusikan Kartu Tani.

’’Sebanyak 100 persen petani di Sumenep telah dicetakkan buku rekening serta Kartu Tani oleh BNI. Kami sangat mengapresiasi,’’ ujarnya dalam launching Kartu Tani di Sumenep, Selasa (6/6).

Kartu Tani yang terintegrasi dengan perbankan diharapkan bisa memudahkan petani untuk memperoleh akses pembiayaan dari bank.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, petani bisa meminjam dana dari kredit usaha rakyat (KUR) sehingga tidak harus meminjam ke tengkulak dengan bunga tinggi.

’’Para pemegang Kartu Tani mendapat kemudahan karena datanya sudah terekam dengan lengkap. Termasuk nantinya saat panen bisa langsung menjual hasil panennya ke Bulog dan dananya langsung masuk ke rekening milik petani,’’ jelas Andi.

Bagi pemerintah, Kartu Tani juga bisa merekam luas lahan pertanian, waktu panen, kinerja petani, dan berbagai hal teknis lainnya.

Bank Negara Indonesia (BNI) siap menyalurkan sekitar 1,3 juta Kartu Tani untuk petani penerima manfaat subsidi pupuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close