Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kasal Kukuhkan Nama KRI Semarang-594

Rabu, 08 Januari 2020 – 23:59 WIB
Kasal Kukuhkan Nama KRI Semarang-594 - JPNN.COM
Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji (kanan) saat mengukuhkan nama Kapal Perang RI (KRI) Semarang-594 di Dermaga Nusantara, Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Rabu (8/1) malam. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji mengukuhkan nama Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Semarang-594 yang dikomandani Letkol Laut (P) Pantun Ujung sebagai pengawak pertama KRI Semarang-594 bertempat di Dermaga Nusantara, Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Rabu (8/1) malam.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, para pejabat utama Mabesal, Pangkotama TNl AL, Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo bersama Forkompinda Provinda Jateng, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Forkompinda Kota, Dirut PT PAL, Rektor Undip dan undangan lainnya.

KRI Semarang-594 ini,sebelumnya pada tanggal 21 Januari 2019 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, Kapal buatan anak bangsa berjenis Landing Platform Dock (LPD) ini telah diserahterimakan oleh PT PAL Indonesia (Persero) kepada TNI AL untuk memperkuat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) jajaran Koarmada I di bawah Satuan Kapal Amfibi (Satfib).

KRI Semarang-594 merupakan salah satu dari tiga kapal LPD yang dipesan TNI Angkatan Laut, dari dua unit kapal sebelumnya yaitu KRI Banjarmasin-592 dan KRI Banda Aceh-593. Kapal tersebut memiliki fungsi untuk membantu distribusi militer baik logistik, peralatan dan perlengkapan militer, serta difungsikan sebagai Kapal Rumah Sakit untuk bantuan bencana alam.

Guberbur Jawa Tengah dalam sambutannya mengatakan keinginnya sejak kecil untuk dkbuatkan baju khas TNI AL yang biasa dipakai Klasi (Prajurit Strata Tamtama di TNI AL) dan baju seragam TNI AL yang menggunakan pedang,  dan Ia bahagia dan sangat bangga ketika Ibunya membuatkan pakaian yang diinginkannya tersebut.

"Malam ini saya sangat bangga, bisa berdiri dan hadir di atas Kapal Perang Republik Indonesia,  yang bernama KRl Semarang-594 dan lebih bangga lagi kapal ini adalah produksi dalam negeri, karya anak bangsa Indonesia, luar biasa," terangnya.

Menurutnya, Indoneaia harus Osean Base Oriented, tidak hanya Land Oriented sehingga laut yang luas dan memiliki potensi luar biasa, bisa diekplorasi untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat Indonesia.

Ia berharap dengan digunakannya nama kota Semarang sebagai salah satu nama Kapal Perang Republik Indonesia, bisa menambah harum kota yang juga dikenal heroik masyarakatnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji mengukuhkan nama Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Semarang-594 yang dikomandani Letkol Laut (P) Pantun Ujung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close