Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kasus Cebongan adalah Pelanggaran HAM

Hasil Temuan Komnas HAM

Jumat, 12 April 2013 – 16:01 WIB
Kasus Cebongan adalah Pelanggaran HAM - JPNN.COM
JAKARTA--Komisi Nasional Hak Asasi Asasi Manusia (Komnas HAM) menegaskan bahwa kasus penyerangan dan penembakan di Lapas klas IIB, Cebongan, Sleman adalah sebuah tindakan pelanggaran HAM. Hal ini disampaikan setelah Komnas melakukan pemantauan dan penyelidikan pada 26-29 Maret 2013. Penyelidikan dilakukan dengan melakukan rekonstruksi di Lapas klas IIB, meminta keterangan dari Polda DIY, Kapolres Sleman, Kapolres Yogyakarta, mahasiswa asal NTT di Yogyakarta, dan pegawai lapas Cebongan.

"Berdasarkan penyelidikan ini Komnas HAM menyatakan bahwa kasus ini adalah pelanggaran HAM karena menyerang di dalam institusi negara,  menyebabkan 4 orang, penganiayaan terhadap beberapa petugas Lapas, perusakan dan perampasan CCTV dan intimidasi pada 31 tahanan lainnya yang menyaksikan proses eksekusi," ujar Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (12/4).

Dari hasil penyelidikan ini Komnas HAM menyebut terjadi pelanggaran HAM terhadap hak untuk hidup yang tercantum dalam Undang-Undang 39 tahun 1999 tentang HAM. Meski, empat tahanan diduga sebagai pelaku pembunuhan, kata Laila, bukan berarti mereka boleh dibunuh dan pelaku menabrak semua aturan hukum yang berlaku di mana empat tahanan seharusnya diproses secara hukum jika bersalah.

Penyelidikan Komnas HAM juga menyebut bahwa pelaku yang melakukan penyerangan berjumlah 14 orang, mengenakan perlengkapan berupa rompi, sarung tangan, penutup kepala dan membawa perlengkapan komunikasi. Temuan Komnas di Lapas terdapat 21 proyektil dan 31 selongsong peluru. Diduga para pelaku membawa senjata laras panjang jenis AK 47 serta senjata laras pendek serta masing-masing dua granat di pinggang kiri dan kanan.

JAKARTA--Komisi Nasional Hak Asasi Asasi Manusia (Komnas HAM) menegaskan bahwa kasus penyerangan dan penembakan di Lapas klas IIB, Cebongan, Sleman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA