Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kasus Gagal Ginjal Akut, 6 Anak di Kepri Meninggal Dunia

Selasa, 25 Oktober 2022 – 21:50 WIB
Kasus Gagal Ginjal Akut, 6 Anak di Kepri Meninggal Dunia - JPNN.COM
Kepala Dinkes Provinsi Kepri Mochammad Bisri. (ANTARA/Ogen)

jpnn.com - TANJUNGPINANG - Jumlah anak di Provinsi Kepulauan Riau yang meninggal dunia akibat gagal ginjal akut bertambah.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepri mencatat jumlah anak meninggal dunia akibat kasus gagal ginjal akut bertambah menjadi enam orang.

"Total sekarang ada tujuh kasus, enam orang anak meninggal, dan satu orang anak masih dirawat intensif," kata Kepala Dinkes Kepri Mochammad Bisri di Tanjungpinang, Selasa (25/10).

Bisri menjelaskan ketujuh korban itu tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Kepri, yaitu Kabupaten Karimun tiga, Kota Batam dua, dan Kota Tanjungpinang dua.

Menurut dia, korban gagal ginjal akut rata-rata anak berusia dua tahun hingga enam tahun. Bisri mengatakan sebenarnya kasus gagal ginjal akut ini bukan barang baru, melainkan sudah ada sejak lama. Namun demikian, lanjut dia, penyakit tersebut baru menjadi perhatian secara nasional sejak Agustus 2022.

"Jadi, dari penelusuran kami penyakit ini mulai meningkat sejak Agustus. Sebelum itu juga sudah ada, dalam sebulan maksimal satu kasus gagal ginjal akut, khususnya di Provinsi Kepri," ujar Bisri.

Dia menyatakan sebagai bentuk antisipasi gagal ginjal akut, pihaknya sudah meminta seluruh apotek tidak menjual obat dalam bentuk cairan atau sirop sampai ada instruksi lebih lanjut dari Kementerian Kesehatan.

Selain itu, dia turut mengimbau orang tua tidak memberikan anak obat sirop apabila mengalami sakit demam.

Enam anak di Provinsi Kepulauan Kepri meninggal dunia akibat kasus gagal ginjal akut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close