Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kasus George Floyd Bikin Amerika Dibenci di Mana-Mana, Kantor Kedutaan Jadi Sasaran Kemarahan

Sabtu, 06 Juni 2020 – 18:01 WIB
Kasus George Floyd Bikin Amerika Dibenci di Mana-Mana, Kantor Kedutaan Jadi Sasaran Kemarahan - JPNN.COM
Demonstrasi rusuh di Meksiko pada 2019. Foto: REUTERS/Carlos Jasso

jpnn.com, MEXICO CITY - Masyarakat di Meksiko ikut memprotes aksi brutal kepolisian Amerika Serikat dengan merusak bangunan dan melempar batu ke arah kantor kedutaan besar negara adidaya itu, Jumat (5/6).

Aksi massa itu juga memprotes kematian seorang pria dalam tahanan, sehingga otoritas di negara bagian Meksiko pun menangkap tiga polisi guna meredam kemarahan warga.

Demonstran di Mexico City menuntut otoritas setempat bertanggung jawab atas kematian Giovanni Lopez, warga Meksiko yang tewas dalam tahanan kepolisian di negara bagian Jalisco, bulan lalu.

Penyebab kematian masih belum jelas, tetapi beberapa rekaman video yang siar di media sosial menunjukkan seorang pria muda, yang diduga Lopez, telah ditahan sejak awal Mei.

Sejumlah saksi mengatakan polisi menahan Lopez karena dia tidak mengenakan masker guna mencegah penularan COVID-19.

Jaksa wilayah Jalisco, Gerardo Solis, mengatakan otoritas setempat telah menahan tiga polisi yang diyakini terlibat atas tewasnya Lopez, seorang pekerja konstruksi.

"Kami telah melakukan penangkapan pertama dan kami memutuskan untuk mengambil alih kasus di kepolisian wilayah Ixtlahuac¡n de los Membrillos. Pegang omongan saya, pelaku pembunuhan Giovanni pasti akan dihukum," kata Gubernur Jalisco, Enrique Alfaro, lewat unggahannya di Twitter.

Unjuk rasa di Meksiko kian meluas setelah warga AS juga turun ke jalan memprotes kematian seorang warga kulit hitam, George Floyd.

loading...