Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kasus Penggunaan Alat Antigen Bekas, Menteri BUMN Erick Thohir Siap-siap Saja

Sabtu, 01 Mei 2021 – 11:58 WIB
Kasus Penggunaan Alat Antigen Bekas, Menteri BUMN Erick Thohir Siap-siap Saja - JPNN.COM
Wakil Ketua Komisi VI DPR sekaligus ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung. Foto: dok. pribadi.

jpnn.com, TOBA - Komisi VI DPR RI berencana memanggil Menteri BUMN Erick Thohir terkait kasus penggunaan alat rapid antigen bekas oleh pegawai PT Kimia Farma Diagnostika di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mempercayakan proses hukum kasus itu kepada kepolisian. Namun terkait  manajemen perusahaan juga harus ada tindakan dan evaluasi mendalam.

"Tidak hanya pelanggaran hukum saja yang kita lihat, ada juga permasalahan dalam fungsi pengawasan dalam manajemen perusahaan. Oleh sebab itulah kami akan panggil Menteri BUMN," kata Martin saat reses di Kabupaten Toba, Sumut, Jumat (30/4).

Politikus Partai NasDem itu mengatakan jadwal pemanggilan Erick Thohir bakal dijadwalkan selesai masa reses DPR.

"Pada masa sidang berikutnya, saya bersama Fraksi NasDem di Komisi VI akan panggil untuk mendapat penjelasan terkait kasus ini," ucap Martin.

Dia menyebut pemanggilan itu juga untuk menanyakan realisasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 2 triliun untuk Holding BUMN di sektor Farmasi yang disetujui Komisi VI DPR.

"Kalau penggunaannya tidak diawasi dengan baik dan ketat, serta manajemen tidak diperbaiki, kami takut anggaran tersebut menjadi sia-sia. Itu juga harus dijelaskan menteri BUMN kepada kami di Komisi VI,” pungkas Martin Manurung.

Diketahui penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut telah menetapkan lima orang tersangka dalam praktik penggunaan alat bekas pakai pada layanan Rapid Antigen yang disediakan PT Kimia Farma Diagnostik di Bandara Kualanamu. Praktik itu dibongkar polisi pada Selasa, 27 April 2021. (fat/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Komisi VI DPR RI bakal panggil Menteri BUMN Erick Thohir terkait kasus penggunaan alat rapid antigen bekas di Sumut.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close