Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kaukus Muda Beringin 03 Tolak Pencalonan Gibran & Sepakat Dukung Ganjar-Mahfud

Jumat, 12 Januari 2024 – 22:11 WIB
Kaukus Muda Beringin 03 Tolak Pencalonan Gibran & Sepakat Dukung Ganjar-Mahfud - JPNN.COM
Kaukus Muda Beringin 03 mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud. Dok: Source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Internal Partai Golkar bergejolak setelah sejumlah fungsionaris dan caleg muda mendeklarasikan perlawanan terhadap kebijakan elite parpol mencalonkan Gibran Rakabuming menjadi calon wakil presiden.

Kaukus Muda Beringin 03 yang dideklarasikan di Jakarta pada 10 Januari 2024 lalu, secara gamblang menyerukan pembangkangan atas keputusan partai dan memberikan dukungan pada paslon nomor 3 pada Pilpres 2024, Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Deklarator KMB 03, Hadi Susanto mengatakan gerakan tersebut telah lama ditunggu pengurus dan kader se-Indonesia yang kecewa berat karena kegagalan elite partai menjaga martabat Partai Golkar.

"Selama ini rasa kecewa dan marah itu lebih banyak dipendam, atau maksimalnya diekspresikan di grup WhatsApp pengurus. Sehingga banyak cerita di internal pengurus yang kritis dikick dari grup WhatsApp pengurus DPD I atau DPD II," ujar mantan Sekjen BKPRMI itu dalam siaran persnya, Jumat (12/1).

Sehingga, menurut Hadi, deklarasi KMB 03 telah memicu keberanian pengurus dan caleg di seluruh Indonesia untuk melawan perintah partai. Hal ini terekam dari apresiasi dan dorongan semangat yang diterima para deklarator melalui telepon atau percakapan WhatsApp.

"Sejak awal kami yakin KMB 03 akan menjadi gerakan masif bukan sekadar gimik. Hal ini akan kami buktikan dengan dekrarasi serupa di daerah-daerah dalam waktu dekat ini," ujar salah satu tokoh Majelis Dakwah Islamiyah itu.

Hal senada diungkapkan deklarator lainnya, Andir Firliansyah, Wakil Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu DPD I Partai Golkar Sumsel.

Andir menuturkan banyak caleg Golkar di daerah yang selama ini terpaksa memasang atribut Prabowo -Gibran dengan biaya sendiri karena tekanan partai, kini memiliki keberanian untuk menolak.

Kaukus Muda Beringin 03 menolak pencalonan Gibran Rakabuming sebagai cawapres dari Golkar. Mereka pun mendukung Ganjar-Mahfud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close