Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kaum Muda Dukung Visi Puan Maharani Membangun Kekuatan Maritim dan Memperkuat TNI AL

Jumat, 21 Mei 2021 – 13:45 WIB
Kaum Muda Dukung Visi Puan Maharani Membangun Kekuatan Maritim dan Memperkuat TNI AL - JPNN.COM
Ketua DPR Puan Maharani menerima kunjungan Komandan Sekolah Staf Komando TNI AL (Seskoal) Laksamana Muda Tunggul Suropati dan jajarannya, di Gedung Nusantara 3 DPR, Rabu (19/5). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia atau KNPI Varhan Abdul Azis mendukung visi Ketua DPR Puan Maharani membangun dan mengembangkan kekuatan maritim.

Menurut dia, visi tersebut mencerminkan pemahaman cucu Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno itu akan besarnya potensi ekonomi yang dimiliki tanah air.

"Indonesia adalah negara yang dilimpahi kekayaan laut yang sangat besar, baik di atas, di dalam laut, maupun di dasar lautan," ujar dia dalam keterangannya, Jumat (21/5).

Penyandang gelar magister sains jurusan ketahanan nasional dari Universitas Indonesia menjelaskan negeri ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas mencapai 3,25 juta kilometer persegi, yang mana 70 persen wilayahnya adalah lautan.

Menurutnya pula, Indonesia memiliki beragam potensi sumber daya kelautan.

Dia memaparkan data estimasi Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun lalu yang setidaknya ada 11 sektor ekonomi kelautan, yang apabila dijalankan dengan baik akan mendongkrak perekonomian nasional.

“Data menyatakan total potensi ekonomi 11 sektor kelautan Indonesia itu mencapai USD 1,338 triliun per tahun,” kata Varhan.

Menurut dia, kesebelas kelautan yang dimaksud yakni perikanan tangkap, budi daya, industri pengolahan, bioteknologi kelautan, energi dan sumber daya mineral, wisata bahari, transportasi, jasa maritim dan coastal forestry. “Potensi itu sangat nyata,” tegasnya.

Kaum muda Indonesia mendukung visi Puan Maharani yang ingin membangun dan mengembangkan kekuatan maritim Indonesia. Visi itu mencerminkan pemahaman Puan akan besarnya potensi ekonomi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close