Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KBRI Ankara Fasilitasi Pemulangan Ratusan Jemaah Umrah Via Turki

Jumat, 28 Februari 2020 – 22:36 WIB
KBRI Ankara Fasilitasi Pemulangan Ratusan Jemaah Umrah Via Turki - JPNN.COM
Ilustrasi Umrah. Foto/ilustrasi: Arief Budiman/Radar Solo

jpnn.com, ANKARA - KBRI Ankara dan KJRI Istanbul telah mempersiapkan pemulangan jemaah umrah Indonesia via Turki. Rencananya ratusan WNI tersebut akan diberangkatkan ke tanah air menggunakan pesawat Turkish Airlines.

"Menlu terus memantau penanganan WNI jamaah umrah di berbagai bandara di Timur Tengah, termasuk Turki. Segera setelah pemerintah Saudi mengumumkan kebijakannya, sesuai arahan Menlu kami langsung berkoordinasi dengan Turkish Airlines," ujar Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/2) malam.

Pada Kamis (27/2), bertepatan dengan pengumuman penangguhan sementara akses umrah dan ziarah bagi warga asing oleh pemerintah Arab Saudi, sebanyak 74 WNI jamaah umrah dipulangkan dari Istanbul.

Kemudian, 93 orang lainnya dipulangkan Jumat malam dan menyusul pemulangan 120 orang lainnya pada Sabtu (29/2). WNI tersebut diterbangkan dengan maskapai Turkish Airlines yang menuju Jakarta, Denpasar, maupun Singapura.

"Seluruh WNI akan dipulangkan ke daerah asal tanpa dikenai biaya tambahan apapun, dan pada saat situasi sudah memungkinkan mereka akan diterbangkan untuk umrah tanpa dikenai biaya tambahan", tutur Iqbal.

Berdasarkan data yang dihimpun perwakilan RI di Turki, terdapat 310 WNI jemaah umrah di Istanbul dan 910 orang di Arab Saudi yang terbang menggunakan Turkish Airlines.

Dengan 287 orang yang sudah berhasil dipulangkan hingga Sabtu, masih akan ada sekitar 933 orang yang akan dipulangkan secara bertahap pada hari-hari selanjutnya.

Sebagian WNI sudah menjalankan ibadah umrah dan akan melanjutkan perjalanan wisata di Turki sebelum kembali ke Indonesia.

KBRI Ankara dan KJRI Istanbul telah mempersiapkan pemulangan jemaah umrah Indonesia via Turki

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close