Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kebakaran Hutan Ganggu Produksi Batu Bara Australia

Selasa, 21 Januari 2020 – 22:17 WIB
Kebakaran Hutan Ganggu Produksi Batu Bara Australia - JPNN.COM
Kebakaran lahan di Australia. Foto: AAP Image/Shane Chalker/via REUTERS

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan pertambangan BHP Group mengatakan, kualitas udara buruk akibat asap dari kebakaran hutan Australia mengganggu produksi batu bara. Sementara itu, pihak berwenang memperingatkan bahaya kebakaran bisa muncul lagi dalam beberapa hari ini.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh perusahaan tambang terbesar itu menggarisbawahi betapa kebakaran hutan yang, tidak biasanya berlangsung lama dan telah menghanguskan lahan sepertiga luas Jerman, itu merusak Australia.

"Asap dari kebakaran hutan regional dan debu telah menurunkan kualitas udara pada operasi-operasi kami, yang telah berdampak pada produksi Desember 2019," kata BHP.

Perusahaan itu mengacu pada tambang batu bara di Negara Bagian New South Wales, tempat ratusan titik kebakaran terjadi. "Jika kualitas udara terus memburuk, operasi bisa semakin terkendala pada semester kedua tahun ini," tambahnya.

Kebakaran di Australia sejak September telah menewaskan 29 orang dan jutaan hewan, juga menghancurkan lebih dari 2.500 rumah dan meratakan hutan belantara seluas 11 juta hektare.

Gangguan akibat kebakaran telah meluas ke ibu kota, Canberra, serta dua kota terbesar Australia, yakni Sydney dan Melbourne. Kota-kota tersebut telah berkali-kali diselimuti asap tebal hingga menjadikan tingkat kualitas udara di sana sebagai yang terburuk di dunia.

Pekan lalu, seorang atlet tenis pingsan pada babak kualifikasi turnamen Australian Open di Melbourne karena menghirup asap kebakaran hutan. Kendati demikian, turnamen tetap dilangsungkan di tengah kondisi cuaca sedang.

Badan Meteorologi Australia meramalkan peningkatan suhu di Negara Bagian Victoria pada Rabu. Peningkatan suhu itu dilaporkan akan diiringi dengan angin kencang sehingga menimbulkan kemungkinan baru kebakaran hutan.

Perusahaan pertambangan BHP Group mengatakan, kualitas udara buruk akibat asap dari kebakaran hutan Australia mengganggu produksi batu bara.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close