Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keberadaan Kampung Siaga untuk Meminimalisir Korban Bencana

Senin, 25 September 2017 – 21:36 WIB
Keberadaan Kampung Siaga untuk Meminimalisir Korban Bencana - JPNN.COM
Mensos Khofifah Indar Parawansa saat membuka jambore kampung siaga bencana (KSB) di komplek Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD), Pundong Bantul, hari ini. foto: istimewa for jpnn

jpnn.com, BANTUL - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa menegaskan keberadaan Kampung Siaga Bencana (KSB) sangat dibutuhkan sebagai upaya untuk meminimalisir jumlah korban jika terjadi bencana.

Untuk itu, kerjasama antara pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam membentuk KSB tersebut.

Hal itu diungkapkan Mensos saat membuka jambore kampung siaga bencana (KSB) di komplek Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD), Pundong Bantul, hari ini.

Mensos menjelaskan, kampung siaga bencana merupakan community based penanggulangan bencana binaan Kementrian Sosial bersama Dinas Sosial diseluruh Indonesia.

"Kalau kita tidak membangun kemitraan strategis dengan masyarakat, any time kemungkinan muncul sewaktu ada bencana pasti terjadi kegagapan," katanya.

Dalam Jambore KSB kali ini peserta yang dilibatkan adalah mereka-mereka yang berasal dari daerah yang berpotensi terjadi bencana alam di DIY.

Keberadaan KSB, dikatakan mensos bisa berbasis desa, antar desa, atau pun sub desa. Para anggota KSB ini dilatih untuk melakukan tindakan pasca terjadi bencana.

"Yang terpenting adalah bagaimana membangun harmony with disaster, sehingga kami harapkan anggota KSB ini bisa membangun kesiap siagaan di kampung masing-masing," tambahnya.

Kampung siaga bencana merupakan community based penanggulangan bencana binaan Kementrian Sosial bersama Dinas Sosial diseluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close