Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kebiasaan Nonton TV pada Anak Usia Dini Bisa Picu Perilaku Pasif

Selasa, 14 April 2015 – 15:01 WIB
Kebiasaan Nonton TV pada Anak Usia Dini Bisa Picu Perilaku Pasif - JPNN.COM

Laporan yang ditulis Departemen Kesehatan Negara Bagian Victoria menyebut, memberi hadiah atau penghargaan kepada anak dengan kesempatan untuk menonton TV pada usia dini, dapat mendorong perilaku pasif di kemudian hari.

Laporan yang berjudul ‘Mempengaruhi Kesehatan Anak’ ini, menemukan bahwa perilaku makan malam di depan televisi atau memberi hadiah anak-anak dengan kesempatan nonton TV bisa menjadi kontraproduktif.

Laporan itu menunjukkan bahwa orang tua perlu untuk menerapkan batasan yang lebih baik terkait aktivitas menonton TV dan menunjukkan perilaku yang lebih baik di depan anak-anak mereka.

Kebiasaan Nonton TV pada Anak Usia Dini Bisa Picu Perilaku Pasif
Laporan Departemen Kesehatan Victoria menyebut, anak-anak seharusnya didorong untuk beraktivitas luar ruangan ketimbang diberi waktu untuk nonton TV. (Foto: Flickr, Aaronyx)

Laporan ini menemukan, efek obesitas pada masa kanak-kanak bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan dewasa.

Kepala Departemen Kesehatan Victoria, Jerril Rechter, mengatakan, perilaku aktif perlu disosialisasikan sejak usia dini.

"Jadi jika anak melakukan sesuatu yang baik, jangan katakan 'sana nonton televisi selama setengah jam', harusnya katakan 'pergi ke luar sana dan mainlah dengan sepedamu’," tuturnya.

Ia menerangkan, "Membuat kebiasaan yang benar-benar baik akan berdampak pada anak-anak, yang akan membuat mereka memiliki kebiasaan sehat sepanjang sisa hidup mereka."

Laporan yang ditulis Departemen Kesehatan Negara Bagian Victoria menyebut, memberi hadiah atau penghargaan kepada anak dengan kesempatan untuk menonton

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA