Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kebijakan Terbaru Kemendikbudristek untuk Peningkatan Karier Dosen & Tendik  

Jumat, 07 Juni 2024 – 17:14 WIB
Kebijakan Terbaru Kemendikbudristek untuk Peningkatan Karier Dosen & Tendik   - JPNN.COM
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) terus melakukan penguatan mutu dosen dan tenaga pendidikan (tendik). Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) terus melakukan penguatan mutu dosen dan tenaga pendidikan (tendik). 

Direktur Sumber Daya Lukman menyampaikan pihaknya tengah fokus melakukan penataan sistem karier, peningkatan profesionalisme, kompetensi, dan kualifikasi dosen dan tendik.

“Terkait penguatan mutu dosen di sini adalah bagaimana kami harus memberikan sistem karier yang terbaik untuk para dosen dengan memberikan berbagai kemudahan,” kata Lukman, Jumat (7/6).

Untuk memberikan kemudahan layanan, Direktorat Sumber Daya merilis fitur Pemutahiran Data dan Pengelolaan Kinerja dan Karier Akademik Dosen di platform utama SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi).

 Fitur itu dibuat dalam rangka mengimplementasikan kebutuhan penyesuaian proses satu data dan penyesuaian proses kenaikan jabatan akademik. 

Saat ini terdapat banyak data dosen yang belum padan, sehingga memengaruhi ketepatan layanan yang digunakan oleh para dosen. 

Melalui proses pemadanan data diharapkan kualitas layanan dapat meningkat dan selanjutnya dapat dilakukan proses penerbitan identitas tunggal dosen, meskipun untuk mengakses berbagai layanan, para dosen masih dapat menggunakan NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional), NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus), dan NUP (Nomor Urut Pendidik).

“Adanya regulasi dan dukungan teknologi ini mengakomodasi masa peralihan layanan dosen sebelumnya, yang nantinya akan diikuti dengan perilisan regulasi terbaru untuk dosen,” imbuh Lukman.

Kebijakan terbaru Kemendikbudristek untuk peningkatan karier dosen dan tenaga kependidikan atau tendik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close