Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kegiatan Asyura Berjalan Lancar, Ahlulbait Indonesia Ucapkan Terima Kasih

Senin, 15 Juli 2024 – 16:58 WIB
Kegiatan Asyura Berjalan Lancar, Ahlulbait Indonesia Ucapkan Terima Kasih - JPNN.COM
Ketua Umum Islam Ahlulbait Indonesia (ABI) Habib Zahir bin Yahya mengucapkan terima kasih dan syukur atas terlaksananya kegiatan acara Asyura di bulan Muharam. Foto: source for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Islam Ahlulbait Indonesia (ABI) Habib Zahir bin Yahya mengucapkan terima kasih dan syukur atas terlaksananya kegiatan acara Asyura di bulan Muharam.

Dia menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh umat Muslim Indonesia baik Muslim Sunni maupun Syiah sejauh ini berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami dari ormas Ahlulbait mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia dan pemerintah, yang telah menjaga harmoni dan ketertiban sehingga acara dan majelis Asyura dapat berjalan dengan baik," kata Habib Zahir, Senin (15/7)

Habib Zahir berkata bahwa tradisi Asyura atau Muharaman telah melekat terhadap masyarakat Indonesia.

"Contohnya di Jawa ada bubur Asyura, di Pariaman dan Bengkulu ada tradisi Tabut/Tabuik. Begitu juga grebek Syura di Keraton merupakan ekspresi bangsa Indonesia dalam memperingati Syahidnya Imam Husein" lanjutnya.

Selain itu Habib Zahir juga menerangkan pengaruh Asyura dan perjuangan Al Husein yang menginspirasi perjuangan rakyat Palestina dan pendukungnya untuk melawan penjajahan Israel.

Dia menjelaskan perlawanan Al Husein bukan hanya terkait kursi kekhalifahan, tetapi perjuangan di Karbala bertujuan untuk merebut hak kaum tertindas, melawan kezaliman dan menegakkan martabat kemanusiaan yang dinistakan oleh Kelompok Yazid bin Muawiyah.

"Asyura adalah sebagai pengingat kemanusiaan, kemerdekaan, dan martabat manusia yang merupakan tujuan utama bagi Agama Islam yang diturunkan oleh Allah," katanya.

Ketua Umum Islam Ahlulbait Indonesia (ABI) Habib Zahir bin Yahya mengucapkan terima kasih dan syukur atas terlaksananya kegiatan acara Asyura di bulan Muharam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA