Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kegiatan yang Digelar Kemendibud Ini Membuat Dian Sastro Terkesima

Minggu, 25 April 2021 – 06:10 WIB
Kegiatan yang Digelar Kemendibud Ini Membuat Dian Sastro Terkesima - JPNN.COM
Salah satu adegan dalam film Kartini yang diperankan Dian Sastrowardoyo dengan sutradara Hanung Bramantyo. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) menggelar nonton bareng Film Kartini yang dihadiri 4.000 penonton dari berbagai kalangan. Nobar virtual ini digelar untuk memeringati Hari Kartini, 21 April. 

Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im, mengatakan film Kartini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda untuk mengenal lebih jauh ketokohan RA Kartini.

Dengan menonton film ini, Ainun berharap generasi muda bisa memahami, menghayati, dan meneladani apa saja yang diwariskan Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan hak-hak manusia pada peradaban dulu hingga sekarang.

"Film Kartini merupakan salah satu film Indonesia yang sukses diproduksi oleh anak bangsa, Hanung Bramantyo," kata Ainun saat membuka nobar film Kartini secara virtual, Sabtu (24/4). 

Film ini, lanjutnya, mengangkat cerita kepahlawanan perempuan Indonesia ke ranah yang lebih luas. Film ini dinilai tepat dan akan sangat bermanfaat dalam membangun karakter bangsa.

"Dengan menonton film Kartini, kita bisa memahami dan menghayati apa yang telah dikedepankan secara baik oleh ibu kita,” tutur Ainun. 

Pada kesempatan sama, sutradara film Kartini, Hanung Bramantyo, menceritakan alasan mengapa tokoh RA Kartini layak untuk diangkat ke dalam sebuah film.

Pertama, literasi yang digaungkan oleh wanita kelahiran Jepara tersebut.

Kemendikbud menghelat nobar virtual film Kartini yang penontonnya 4 ribuan serta dihadiri Hanung Bramantyo dan Dian Sastrowardoyo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close