Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kehabisan Dana, GM Tunggu Talangan Cair

Kamis, 22 Januari 2009 – 08:47 WIB
Kehabisan Dana, GM Tunggu Talangan Cair - JPNN.COM
Foto : REUTERS
DETROIT - Tenggat waktu bagi General Motors Corp. (GM) untuk mendapat pencairan kedua dana talangan atau pinjaman dari pemerintah AS telah berlalu pekan lalu. Eksekutif raksasa otomotif itu berharap dana tersebut cair paling lambat beberapa pekan mendatang.

Menurut Fritz Henderson, president dan chief operating officer (COO) GM, tanpa pencairan dana pinjaman tahap kedua senilai USD 5,4 miliar (sekitar Rp 59,4 triliun), perusahaan bakal kehabisan dana tunai sebelum 31 Maret ini.

Desember lalu, Depkeu AS menyetujui pinjaman USD 13,4 miliar (sekitar Rp 147,4 triliun) bagi GM dan USD 4 miliar (sekitar Rp 44 triliun) lainnya bagi Chrysler LLC. Pinjaman itu diberikan dalam rangka menghindarkan dua produsen mobil yang berpusat di Detroit tersebut dari kebangkrutan.

GM telah menerima talangan tahap pertama USD 4 miliar (sekitar Rp 44 triliun) tahun lalu. Lantas, mereka dijadwalkan dapat USD 5,4 miliar pada 16 Januari lalu. Talangan tahap III senilai USD 4 miliar dijadwalkan cair pada 17 Februari. Saat itulah, GM harus menyerahkan rencana restrukturisasinya dan membuktikan kepada pemerintah bahwa programnya bisa berjalan.

DETROIT - Tenggat waktu bagi General Motors Corp. (GM) untuk mendapat pencairan kedua dana talangan atau pinjaman dari pemerintah AS telah berlalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA