Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kehadiran Pelabuhan Patimban Akan Jadi Stimulus Baru Perekonomian

Jumat, 04 Desember 2020 – 04:43 WIB
Kehadiran Pelabuhan Patimban Akan Jadi Stimulus Baru Perekonomian - JPNN.COM
Presiden Jokowi saat meninjau pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, JAWA BARAT - Pelabuhan Patimban, yang terletak di wilayah Subang Jawa Barat tak lama lagi akan segera beroperasi.

Pelabuhan tersebut diyakini mampu mendongkrak roda perputaran ekonomi nasional, terutama Provinsi Jawa Barat.

Pengamat Maritim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Raja Oloan Saut Gurning menuturkan ke depannya keberadaan Pelabuhan Patimban akan membangkitkan kegiatan perekonomian Industri berskala kecil, sedang, besar, hingga Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM).

"Ini (Pelabuhan Patimban), juga mendukung ketersediaan lapangan kerja baru. Karena bertumbuhnya perekonomian, di sekitar wilayah pelabuhan," ujar Saut di sela simulasi Operasional Pelabuhan Patimban oleh Kementerian Perhubungan RI, Subang Jabar Kamis (3/12).

Adapun simulasi yang dilakukan yakni bongkar muat kendaraan baru, mengingat bongkat muat industri otomotif akan banyak terfokus di pelabuhan Patimban.

Selain itu, perdagangan lewat jalur laut akan semakin lengkap yang awalnya hanya didominasi oleh Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Dirinya menilai, transportasi perairan di wilayah DKI Jakarta mulai dirasakan jenuh oleh masyarakat.

Hal tersebut, disebabkan oleh lahan, aksesibilitas, dan ketersediaan dari transportasi di Pelabuhan Tanjung Priok yang sudah padat.

"Sehingga, pelabuhan Patimban akan menjadi pendukung pelabuhan Tanjung Priok, dalam artian menjadi pilihan yang menarik bagi pihak industri. Pemerintah telah menginisiasi, nanti tinggal kita lihat inovasi dan peran swasta kedepan," jelasnya.